Apindo Deliserdang Wacanakan Sosialisasi Aturan Penggunaan Genset pada Pengusaha

OBROLANBISNIS.com – Penggunaan mesin generator set (genset) ternyata tidak bisa sembarangan. Pemakaian dan penggunaannya ada aturannya berdasarkan Undang-undang (UU) nomor 30 tahun 2009 tentang ketenaga listrikan.

Dalam UU tersebut menyebutkan bahwa setiap penggunaan genset di atas kapasitas 200 KVA, harus memiliki izin dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), seperti surat laik operasi (SLO) dan izin operasi (IO).

Dengan ada regulasi tersebut, dunia industri yang beroperasi di Kabupaten Deliserdang tidak sembarang menggunakan mesin genset sebagai penyuplai tenaga kelistrikan.

“Kita ketahui Kabupaten Deliserdang masih banyak berdiri perusahaan mulai dari kelas kecil, menengah hingga kelas besar. Dan sebagian perusahaan industri tersebut dipastikan menggunakan mesin genset sebagai penyuplay kekurangan tenaga listrik,” ujar Ketua DPK Apindo Deliserdang, HM Yunan Sirhan dalam pesan elektroniknya, Senin (2/4/2018).

“Informasi yang diperoleh, masih banyak perusahaan di Deliserdang yang belum mematuhi aturan penggunaan mesin genset dan mengantongi surat izin SLO dan IO dari intansi terkait,” bebernya.

Yunan, sapaan akrabnya menyebutkan, belum terpenuhi standarisasi penggunaan dan pemakaian genset yang telah diatur oleh UU 30/2009 oleh perusahaan, dinilai karena sama sekali tidak dibertahukan atau kurangnya sosialisasi terkait regulasi yang mengharuskan, memiliki surat izin tersebut oleh dinas terkait.

“Selama inikan tidak ada sosialisasi apapun, bahkan teguran tulis atau lisan juga tidak ada dari instansi terkait baik di Deliserdang ataupun Sumatera Utara yang ijinnya dikeluarkan dari BPPT Sumut,” jelasnya.

Sebelum adanya kasus penemuan perusahaan memakai genset tak memiliki izin SLO dan IO oleh instansi terkait, Apindo berwacana akan melalukan edukasi sekaligus sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Deliserdang.

Sementara itu, Sekretaris DPK Apindo Deliserdang, Drs Indra Siregar membeberkan, rencana itu akan dilakukan pada bulan April 2018 dengan menggandeng sejumlah pihak terkait termasuk BPPT Kabupaten Deliserdang sebagai narasumber sosialisasi.

Apindo Deliserdang berharap, pelaku-pelaku usaha yang menggunakan mesin genset untuk dapat menghadiri wacana sosialisasi UU 30/2009 tersebut.

“Kalau izin itu tidak diurus nanti akan ada denda dan bisa sampai dipidana. Itu yang kami (Apindo) hindari. Karena kami sebagai lembaga yang mengayomi para pengusaha,akan berusaha menjaga kekondusifan dunia usaha di kota ini,” jelasnya. [OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market