ACT: Kapal Kemanusiaan Suriah Diberangkatkan 21 April Membawa 1000 Ton Beras

OBROLANBISNIS.com – Kapal Kemanusiaan yang diprakarsai Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk Suriah akan diberangkatkan pada 21 April 2018, melalui Pelabuhan Belawan. Sebanyak 1000 ton beras dikirim ACT untuk kepedulian kemanusian Suriah.

Kepala Cabang ACT Sumut, Ronio Romantika kepada awak media mengungkapkan, terealisasinya aksi kemanusiaan ini berkat dukungan dan donasi seluruh masyarakat dan umat yang peduli terhadap Suriah, yang diketahui saat ini mengalami konflik kemanusian.

“Kapal Kemanusian Suriah merupakan gerakan dari anak bangsa Indonesia yang membutuhkan pengumpulan dana sebesar Rp15 miliar selama tujuh hari. Pengumpulan donasi berakhir pada 19 April 2018,” kata Ronio yang didampingi jajaran ACT, diantaranya Eko Sujatmoko, Sayed Modrick dan Renaldi Tambunan, Selasa (10/4/2018), di Medan.

Menurutnya, ACT terus bergerak mengumpulkan bantuan untuk kemanusiaan Suriah (Syria), termasuk juga di Palestina. “Tahun lalu pada 18 April 2017, Kapal Kemanusiaan juga diturunkan ke Somalia sebanyak 300 ton beras dan 2000 ton ke Palestina tahun 2018,” bebernya.

Pemberangkatan Kapal Kemanusian ke Suriah pada 21 April ini, tambahnya, bertepatan dengan berdirinya ACT di Indonesia. Untuk di Kota Medan baru 3 tahun ACT beraktivitas menggalang donasi masyarakat.

Sepanjang perjalanan ACT, tak hanya menggalang donasi kemanusiaan untuk disalurkan pada para saudara yang negaranya mengalami konflik. Lembaga ACT juga terlibat dalam pemberian bantuan kepada kaum dhuafa, seperti tukang sampah dan penarik becak. Kegiatan ini digelar melalui mobil food friends, dimana kesehariannya, ada 500 nasi bungkus yang dibagikan.

“Ada juga relawan yang ikut membantu, seperti rumah makan. Jadi hitungan kita, jika penarik becak mendapatkan penghasilan dalam jumlah tertentu, maka kalau uang makannya tidak dikeluarkan membeli nasi, kan bisa diberikan kepada anaknya,” sebutnya, yang mengatakan aksi ini berlangsung sejak dua tahun lalu.

Program Kapal Kemanusiaan yang akan dikirim melalui Pelabuhan Belawan mendapat dukungan dari Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi. “Alhamdulillah, dalam pertemuan itu, Gubernur mengimbau masyarakat Sumut untuk mendukung aksi kemanusiaan dengan memberi bantuan dari Indonesia untuk warga di Suriah,” katanya.

Ronio berharap, dukungan dari Bupati/Walikota se-Sumut untuk terlibat dalam aksi Kapal Kemanusiaan Suriah, yang pengumpulan donasinya pada 19 April mendatang. “ACT berharap partisipasi Bupati/Walikota di Sumut untuk menyukseskan Kapal Kemanusiaan Suriah. Untuk saat ini, baru terkumpul Rp 2 miliar lebih donasi dari masyarakat Kota Medan,” bebernya. [OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market