Pertamina Kenali Energi Negeri pada Mahasiswa se-Kota Medan

OBROLANBISNIS.com – Sebagai upaya edukasi kepada para mahasiswa dan mahasiswi di Sumatera Utara tentang Energi, PT Pertamina (Persero) MOR I Sumbagut menyelenggarakan kegiatan bertema “Kobarkan Kebaikan : Energi Untuk Hidup Berkualitas” yang dikemas dalam acara Kenali Energi Negeri, Rabu (18/4/2018) di Four Points, Medan. Jalan Gatot Subroto Medan.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan ini, Pertamina mengajak peserta yang merupakan aktivis organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang berasal dari berbagai universitas di Sumatera Utara seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Dharmawangsa, Universitas Islam Negeri Sumatera Itara ( UINSU), Universitas Panca Budi, Universitas Medan Area, Triguna Dharma, Universitas Potensi Utama dan lain-lain sekitar 15 Universitas yang hadir.

General Manager MOR I, Joko Pitoyo mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa tentang seluk beluk energi di Indonesia. Bagaimanapun, sejak 2003, Indonesia sudah menjadi net importer karena minyak yang kita produksikan sudah berada di bawah tingkat konsumsi.

“Tugas kita, terutama Pertamina sebagai BUMN, sangat menantang dalam upaya menjaga ketahanan energi di seluruh Nusantara. Diperlukan BUMN yang kuat dari hulu ke hilir untuk dapat menjaga kedaulatan dan ketahanan energi nasional,” ujar Joko.

Joko juga menungkapkan, Pertamina juga mengajak mahasiswa untuk meningkatkan kepedulian atas keberlangsungan energi di Indonesia ke depan. Harus ditanamkan dalam benak kita sedari awal, karena migas adalah energi fosil, maka kita harus melihatnya sebagai warisan yang harus terus dijaga keberadaannya untuk anak cucu kita kelak.

“Untuk itu, dalam acara ini Pertamina MOR I sengaja mengundang pakar energi, Bapak Marwan Batubara untuk memberikan insight kepada para mahasiswa dan mahasiswi.
Diharapkan insight dari pakar energi nasional kita, dapat menumbuhkan kepedulian mahasiswa dan mahasiswi sehingga bisa memberikan ide-ide kreatif dan solutif terhadap keberlangsungan energi di Indonesia,” ungkapnya.

Pertamina menghadirkan pengamat migas sekaligus Direktur Indonesia Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara. Sebagai pengamat, Marwan menyampaikan bahwa banyak negara di dunia saat ini perlahan mengalihkan energi fossil ke energi terbarukan.

“Hal ini harus dicermati oleh generasi muda karena energi terbarukan seperti cahaya matahari, panas bumi, air, angin dan lainnya akan menjadi trend energi di masa depan,” ujar Marwan.

Marwan menambahkan, dengan diselenggarakan acara seperti ini, diharapkan mahasiswa/i teredukasi dengan baik dan secara proaktif turut serta mengembangkan dan menjaga keberlangsungan energi di Indonesia. [rel/OB1]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *