Hari Kartini | Pertamina Beri Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Kaum Perempuan

OBROLANBISNIS.com – Untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada kaum perempuan, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I memberikan pelatihan Kesehatan Reproduksi dalam penanggulangan HIV/AIDS.

Dalam kesempatan ini, Unit Manager Communication & CSR Region I, Rudi Ariffianto dalam hal ini mengungkapkan bahwa Pertamina turut serta memberdayakan masyarakat yang diadakan bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, khususnya bagi kaum perempuan terkait penanggulangan HIV/AIDS.

“Kami ingin turut serta memberdayakan masyarakat terkait penanggulangan HIV/AIDS, apalagi Sumatera Utara khususnya Kota Medan peningkatan penduduknya terus bertambah,” ungkapnya.

Rudi juga menjelaskan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Sumut berada pada urutan ke 7 dari 33 provinsi di Indonesia dengan kasus HIV/AIDS terbanyak. Angka prevalensi HIV/AIDS di Sumut mencapai 28,97 per 100.000 penduduk. Artinya, setiap 100.000 penduduk di Sumut terdapat 29 orang mengidap HIV/AIDS.

Sementara itu, Siti Chairani Nasution Direktur Eksekutif PKBI Daerah Sumatera Utara juga menambahkan HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga, daya tahan tubuh terus menurun dan mudah tertular oleh berbagai jenis penyakit.

Pada kesempatan tersebut, dr Beni Satria MKes selaku nara sumber juga memaparkan bahwa AIDS adalah kumpulan gejala atau penyakit yang muncul akibat HIV. Pada tahap ini, daya tahan tubuh penderita sudah sangat rendah dan akan mengalami kematian.

“Virus ini terdapat di cairan tubuh manusia. Seseorang akan tertular virus HIV jika cairan tubuh penderita yang mengandung virus tersebut berpindah ke tubuh manusia yang sehat,” urainya.

Sebanyak 20 kader posyandu yang keseluruhannya merupakan peserta perempuan dari 6 kelurahan di Belawan ikut serta dalam kegiatan pelatihan kesehatan reproduksi dalam penanggulangan HIV/AIDS tersebut. [rel/OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market