Forum Business Talk : Transaksi Pegadaian Semakin Mudah dan Aman

OBROLANBISNIS.com – PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan kembali menggelar Forum Business Talk. Kali ini, topik yang dibahas ‘Digital Marketing : Now vs Tomorrow and Financial Access’, dengan menghadirkan keynote speaker perwakilan OJK, GoJek dan Center UKM.

Forum Business Talk yang disponsori oleh PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan berlangsung secara terbuka di Atrium Ringroad City Walk, Sabtu (19/1/2019), dihadiri Pemimpin PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Hakim Setiawan.

Turut hadir Deputy Bisnis Area Medan 1 Suhadi, Profesional Utama Iswandy dan Jansen Siahaan, Deputi Bisnis Area Medan 2 Anhar Nasution, Manajer Bisnis Analis Susatya Pramana, para Asmen PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan serta para ojek online maupun pengunjung Ringroad City Walk.

Keynote Speaker yang mengisi Forum Business Talk adalah Aditya Pranata sebagai Manager Branch GoJek Medan, Risca Bernadetta perwakilan OJK dan Deni Faisal Mirza dari UKM Center.

Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Hakim Setiawan mengatakan, Forum Business Talk rutin diadakan Pegadaian, sebagai ajang saling sharing informasi dan mendekatkan diri dengan masyarakat.

Hakim menambahkan, PT Pegadaian (Persero) kini berusia 117 tahun, dan tak terasakan sebentar lagi memasuki usia 118 tahun pada 1 April mendatang. Pegadaian kini berada di mana-mana, tersebar di pelosok tanah air, sebagai institusi keuangan non bank milik pemerintah yang melayani masyarakat dari kalangan bawah hingga atas.

Di usianya melebihi 1 abad, PT Pegadaian (Persero) kini melakukan gebrakan inovasi dengan transformasi ke era digital. “Berkembangannya era digital saat ini mendorong PT Pegadaian (Persero) untuk bertranformasi ke industri digital dengan menggunakan teknologi. Jadi para nasabah, tidak harus lagi ke Pegadaian untuk melakukan transaksi keuangan. Melalui smartphone transaksi Pegadaian sudah bisa dilakukan,” ujar Hakim.

Hakim menyebutkan, sebagai realisasi transformasi Pegadaian meluncurkan aplikasi sejak tahun 2018 dengan nama Pegadaian Digital Service (PDS). “Aplikasi tersebut dapat diunduh di smartphone android Anda,” katanya.

Hakim menjabarkan, dalam aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) berbagai layanan transaksi tersedia, diantaranya Emas; Gadai (Perhiasan, Logam Mulia, Handphone, Elektronik, Kendaraan, Laptop dan Tabungan Emas); Pembiayaan Usaha; Pembayaran dan Top Up; dan layanan Logam Mulia.

“Kini, semua transaksi bagi nasabah Pegadaian semakin mudah dan aman tanpa harus ke kantor Pegadaian. Malalui genggaman transaksi sudah dapat dilakukan,” ujarnya.

Hakim menginformasikan, malam ini di Ringroad City Walk, PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan akan memberikan apresasi kepada nasabah yang beruntung dalam program Kemilau Emas Pegadaian. “Seluruh nasabah Pegadaian berkesempatan meraih hadiah berupa paket umroh dan ratusan gram emas. Nanti malam akan kita umumkan nasabah yang beruntung memperoleh reward dari Pegadaian,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan OJK Regional 5, Bernadetta mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati memilih layanan jasa keuangan. “Bagi masyarakat harus berhati-hati memilih lembaga keuangan. Kenali industrinya dulu sebelum melakukan transaksi,” katanya.

Menurut Risca, layanan pinjaman keuangan yang saat ini dalam pengawasan OJK, adalah layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (Fintech Peer to Peer Lending); perusahaan pembiayaan; PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Perusahaan Pegadaian.

“Pegadaian salah satu institusi keuangan non bank yang masuk dalam pengawasan OJK, yang terkategori aman dan terpecaya sebagai alternatif modal usaha,” katanya. ***

[OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market