Usai Bertemu Gubernur Sumut | Jafar Hasibuan Peraih Medali Emas di China Diundang ke Istana

OBROLANBISNIS.com – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menerima dengan hangat kedatangan Muhammad Jafar Hasibuan, pemuda peraih medali emas dalam ajang China Sanghai International Exhibition of Inventions (CSITF) di Sanghai, China.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Edy bangga atas prestasi Muhammad Jafar Hasibuan yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia khususnya Sumut di level dunia. “Kita mendukung anak Sumut seperti Jafar yang mengharumkan nama negara, maka kita akan support untuk masa depannya,” ujar Gubernur, Senin (20/5/2019).

Gubernur berupaya akan membantu pengembangan inovasi yang digapai Jafar, mulai dari hak paten, merek dan biaya dari Balitbang Sumut, bonus dari Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pendidikan karena sudah mengharumkan nama Sumut di tingkat dunia dan menjadi anak angkat saya Muhammad Jafar Hasibuan.

Dalam prestasinya, pemuda lulusan pesantren ini berhasil mengembangkan produk perawatan kulit yang terbuat dari udang khas Pesisir Selatan Malaka yang di sana dikenal sebagai Udang Halus Kecil Segar yang berhabitat di bawah hutan bakau.

Menurut Jafar, di wilayahnya banyak terdapat udang jenis itu.Inovasinya ini diberi nama sebagai Biofar Shrimp Skin Care. Inovasinya itu bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta luka di kulit.

“Ujicoba pada manusia yang terkena luka benda tajam, secara positif dapat menyembuhkan rasa nyeri dalam dua jam,” kata Jafar.

Bukan tanpa alasan Jafar menamai inovasinya dengan Biofar Shirimp Skin Care. Menurutnya, nama itu diambil dari penggalan nama tengahnya, yakni Jafar. “Bio kan alami, Far itu nama saya, kan Jafar,” ujar dia.

Dia berharap, inovasinya itu dapat didukung oleh pemerintah. Dia juga berencana untuk mempatenkan inovasinya itu supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Ada dukungan dari Bapak Presiden dalam waktu dekat mengundang ke Istana. Baru-bari ini, saya bertemu dengan Mensegneg, Mendikbud, Menristekdikti, Staf Kepresidenan dan Menpora,” katanya.

Muhammad Jafar Hasibuan dalam kompetisi China Sanghai International Exhibition of Inventions (CSITF) berhasil mengalahkan beberapa negara pesaingnya, seperti Arabsaudi, Turky, Iran, Iraq, Macau, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, Iran, Taiwan, Makau, Hong Kong, Australia, Amerika, Rusia dan Tiongkok selaku tuan rumah yang digelar pada 16-26 April 2019.

Pemuda asal Sumatera Utara ini berhasil membawa pulang medali emas di ajang China Shanghai International Exhibition of Inventions (CSITF) di Shanghai China. ***

[OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market