Unimed: Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Dibuka

OBROLANBISNIS.com – Universitas Negeri Medan (Unimed) membuka kembali penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Sebelumnya, penerima melalui SNMPTN dan SBMPTN, kali ini jalur Mandiri.

“Penerimaan jalur mandiri berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor 60 tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Pada jalur penerimaan ini, Unimed memberikan daya tampung 1.634 orang,” kata Rektor Unimed, Prof Syawal Gultom dalam keterangan persnya, Senin (1/7/2019).

Dikatakan Syawal, seleksi Jalur Mandiri terkait Perencanaan, Proses Seleksi dan Pendanaannya diberikan kewenangan kepada masing-masing PTN untuk melaksanakanya. PTN diberikan keleluasaanya untuk melaksanakan seleksi tahap ketiga yakni jalur Mandiri, akan tetapi tetap dalam pengawasan pemerintah.

“Seleksi Jalur Mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) serta seleksi yang dilakukan secara objektif dengan menggunakan metode ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) dan ujian keterampilan bagi program studi seni dan keolahragaan, ” katanya.

Untuk persyaratannya siswa lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah. Bagi siswa lulusan tahun 2019 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah. Surat keterangan sekurang-kurannya memuat informasi diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah serta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Pendaftaran seleksi mandiri dibuka pada 1 – 20 Juli 2019, pelaksanaan Tes 23 Juli 2019, uji Keterampilan 23 Juli 2019 dan pengumuman Hasil Seleksi 27 Juli 2019.

Ujian tertulis Paper-Based Testing (PBT) dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2019 meliputi Tes kemampuan saintek, tes kemampuan soshum dan tes kemampuan campuran.

Sedangkan ujian keterampilan dilaksanakan pada 23 Juli 2019. Untuk pelayanan resmi dan alamat panitia seleksi jalur mandiri dapat diakses melalui laman http://www.unimed.ac.id dan sm.unimed.ac.id.

Informasi resmi juga dapat diakses melalui: http://humas.unimed.ac.id
Alamat Panita Seleksi jalur Mandiri:
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara. email humas@unimed.ac.id. ***

[rel/OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market