Wagub Sumut | Hubungan Sumut – Tiongkok Saling Menguntungkan

Wagub Sumut, HT Erry Nuradi menyatakan, hubungan Indonesia dengan Republik Tiongkok selama ini terjalin harmonis. Tidak hanya hubungan antar kedua negara, namun juga hubungan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Tiongkok-SumutHubungan harmonis ini dapat terlihat dari banyaknya kerjasama ekonomi dan bisnis yang dilakukan para pengusaha, baik pengusaha besar maupun pengusaha sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Tidak hanya sebatas hubungan ekonomi bisnis, tetapi juga bidang sosial budaya dan bidang pendidikan dengan program pertukaran pelajar. Semoga hubungan antara Sumut dan Tiongkok semakin harmonis,” harap Erry.

Bicara soal angka, Erry memaparkan hubungan ekonomi antara Sumut dan Tiongkok yang telah terjalin saling menguntungkan. Berdasarkan data statistik periode Januati-Februari 2014, eksport Sumut ke Tiongkok mencapai $ 3.412,9 atau 14,29 persen dari total eksport Sumut. Sementara neraca import dari Tiongkok pada periode Januari hingga Februari mencapai $ 4.928,7 atau 22,72 persen dari keseluruhan import Sumut.

“Ini pencapaian yang luar biasa. Meski demikian, saya berharap pencapai ini akan terus meningkat pada periode berikutnya, baik itu eksport dan import. Semoga Konjen Republik Rakyat Tiongkok juga memiliki komitmen yang sama dalam mendongkrak volume eksport import antara Sumut dan Tiongkok dimasa mendatang,” ujar Erry.

Tidak hanya hubungan kerjasama ekonomi dan bisnis, masyarakat Sumut secara personal juga menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat Rakyat Tiongkok. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market