4G LTE Milik XL Resmi ‘Mengudara’

PT XL Axiata Tbk (XL), operator seluler terbesar kedua di Indonesia, meluncurkan komersialisasi layanan4G-LTE (Long Term Evolution) di 3 kota besar yaitu Medan, Yogyakarta, dan Bogor, Jumat (19/12/2014).

Bacaan Lainnya

Acara peluncuran dilakukan secara virtual di tiga kota tersebut, yang tersambung secara simultan melalui jaringan XL 4G-LTE. Layanan internet berkecepatan tinggidan berteknologi canggih yang disediakan oleh XL ini didukung oleh mitrapenyedia jaringan terkemuka di dunia yakni Ericsson, Huawei dan Nokia.

Hadir dalam peluncuran ini Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Act Direktur Digital Service Yessie D Yosetya di Yogyakarta, Direktur Service Managament XL Ongki Kurniawan diMedan, serta Direktur Keuangan XL Mohammed Adlan di Bogor. Para pimpinan XL dan pimpinan daerah akan terkoneksi juga dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Group Chief Marketing Regional Officer Axiata Dian Siswarini yang berada di Jakarta.

Ongki Kurniawan mengatakan, secara resmi XL memenuhi janjinya kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia untuk meluncurkan layanan XL 4G-LTE secara komersial dan terluas. “Kami adalah operator pertama yang menggelar layanan 4G-LTE di tiga kota sekaligus termasuk di Medan Sumatera Utara yang cukup jauh dari Ibu Kota Jakarta,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan meluncurkan juga XL 4G LTE di Surabaya, dan akan menyusul segera di kota-kota lainnya, termasuk Jakarta tentunya.

Dengan dikomersialkan layanan 4G- LTE ini, berarti XL kini menawarkan layanan dengan tiga teknologi yaitu 2G, 3G, dan 4G-LTE, yang sekaligus memposisikan diri sejajar dengan operator seluler besar lainnya secara global.

Ongki menambahkan, pemilihan ketiga kota tersebut sebagai lokasi digelarnya layanan XL 4G-LTE yang pertama berdasarkan pada beberapa pertimbangan. Selainatas pertimbangan bisnis yaitu tingginya potensi permintaan pelanggan dan ketersediaan alokasi frekuensi, XL juga mempertimbangkan sisi dukungan bagi percepatan pembangunan di daerah melalui jaringan pita lebar dan layanan internet cepat. XL berharap bisa mendukung visi pembangunan infrastruktur pemerintah.

Pada tahap awal ini, total jumlah BTS 4G lebih dari 100 unit. Jumlah BTS tersebut akan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Nilai investasi yang dikeluarkan XL untuk menyediakan layanan mobile 4G LTE ini sudah menjadi bagian dari keseluruhan nilai investasi XLdi tahun 2014 yang mencapai sekitar Rp 7 triliun.

Untuk memasyarakatkan layanan 4G-LTE ini, pihaknya juga telah menyiapkan ekosistem pendukungnya, seperti penyediaan ponsel, aplikasi digital yang memberikan benefit menarik untuk pelanggan (gratis streaming lagu di Guvera, live streaming nonton pertandingan bola Liga Inggris, video streaming diVIKI, dan konten Muslimku), maupun paket data layanan 4G-LTE.

XL telah bekerjasama dengan sejumlah penyedia ponsel 4G LTE, yaitu LG dan Sony. Selanjutnya akan segera menyusul kerja sama dengan beberapa brand ponsel antara lain antara lain Samsung,Apple, HTC, Lenovo,Xiaomi, dan BlackBerry. Dengan demikian, pelanggan XL akan bisa lebih mudah mendapatkan ponsel 4G melalui program bundling mulai harga Rp 3-5 jutaan yang sudah tersedia sejak peluncuran layanan XL 4G LTE ini. (OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *