Akhir Tahun Ini Harga BBM Turun?

Pemerintah terus mencermati perkembangan harga minyak dunia yang terus melorot. Kabarnya, pemerintah bakal menurunkan harga BBM di akhir tahun.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Sofyan Djalil menyatakan bakal adanya kebijakan baru di bidang energi. Kemungkinan besar, pemerintahan Jokowi-JK bakal menurunkan harga BBM menjelang pergantian tahun.

Bacaan Lainnya

Kebijakan baru itu terkait dengan perkembangan harga minyak dunia. Besok akan disampaikan oleh Menteri ESDM, Pak Sudirman, ungkap Sofyan di Jakarta, (30/12/2014).

Meski tak secara tegas Menko Perekonomian bilang bakal menurunkan harga BBM, namun arahnya sudah jelas. Apalagi kaitannya dengan penurunan harga minyak dunia. Prinsipnya akan ada penyesuai harga BBM dengan perkembangan minyak dunia, tuturnya.

Asal tahu saja, Presiden Joko Widodo menetapkan kenaikan harga BBM Rp 2.000 per liter sejak 18 November lalu. Nah, kalau besok harga BBM diturunkan maka kebijakan tersebut hanya berumur sekitar 42 hari.

Kita tunggu saja. Yang jelas, kebijakan baru ini tidak diumumkan seperti ketika BBM dinaikkan. Karena tidak menambah beban rakyat, ungkap Sofyan.

Tentu saja, pengumuman soal harga BBM ini sangat ditunggu rakyat. Kalau benar turun dan jumlahnya signifikan, bisa menjadi kado manis di akhir tahun. Namun, masih ada masalah. Harga barang sudah terlanjur naik ketika BBM dinaikkan. Artinya, beban rakyat masih tetap berat juga. (inl/OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *