Direktur PLN: Pemadaman Tak dapat Dihindarkan

Direktur Pengembangan PLN Pusat, Nasri Sebayang menyatakan, pemadaman listrik tidak dapat dihindarkan akibat tinginya beban puncak yang terjadi saat ini mencapai 1850 Megawatt.

“Beban puncak tahun ini sudah mencapai 1850 Megawatt, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Nasri.

Bacaan Lainnya

Salah satu penyebab defisit listrik di Sumut saat ini akibat pemeliharaan dan pemriksaan tahun pertama (first year inspectiounit) PLTU Nagan Raya.

“Setelah beroperasi tahun pertama, pembangkit wajib mendapat pemeriksaan. Kebetulan proses pemeriksaan dilakukan bertepatan pada bulan Ramadhan. Pemeriksaan ini sudah menjadi ketentuan pembangkit. Harus dihentikan operasionalnya untuk diperiksa dan dibongkar,” jelas Nasri.

Kapasitas pasokan listrik Sumut hanya memiliki cadangan 100 MW. Jumlah itu jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan daya di seluruh wilayah di Sumut. Idealnya cadangan listrik 30% dari beban puncak yaitu minimal 550 MW, karena rata-rata pertumbuhan ketenagalistrikan di Sumut pertahun mencapai 6 persen sampai 7 persen, lebih rendah dari rata-rata pertumbuhan beban puncak.

“Beban puncak tumbuh 12 %, sementara pertumbuhan energy hanya 6 sampai 7 persen. Makanya kita tetap perlu membangun pembangkit,” jelas Nasri. (OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *