Kredit Macet Perbankan Masih Baik Dibandingkan Krisis 98

Daya tahan perbankan diprediksi masih akan terjaga dengan positif, di tengah tren kenaikan Non Performing Loan (NPL) atau rasio kredit macet.

Tjandra Liendjaja Wakil Deputi Equity Research Mandiri Securities mengatakan, NPL perbankan saat ini di sekitar 2,7%. Tapi, angka ini masih lebih baik dibandingkan era krisis 1998.

Bacaan Lainnya

“Untuk NPL 1998 tertinggi ada yang 70 persen, malahan 2005 NPL 8%. 2008 sekitar 3,2 persen, sekarang 2,7% data terakhir,” kata dia, kemarin.

Kekuatan perbankan, lanjut dia, tidak akan goyah karena adanya dukungan permodalan Capital Adequacy Ratio (CAR) yang 20,8% padahal waktu krisis negatif. “Angka positif perbankan, meski memang ada turbulensi,” katanya.

NPL yang 2,7% naik dari 2,2% tahun lalu dan diperkirakan akan naik lagi hingga akhir tahun. Menurut dia, kondisi ekonomi berpengaruh terhadap kredit. Saat ini loan growth sekitar 10,7% pada Agustus 2015. Sumbangan NPL dari kredit capital working.

Dampak loan growth yang tidak sesuai ekspektasi dari sekitar 15% ke atas berdampak ke Loan Deposit Ratio (LDR) atau rasio kredit berbanding simpanan lemah.

“LDR melandai 87-88 persen, dulu 91-92 persen karena loan growth lambat, namun deposit tumbuh 14%,” katanya. (inl/OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.