Mobile App Challenge Berhadiah USD 20.000

SETELAH menjaring 10 aplikasi finalis dengan tema Internet of Things (IoT)-based Smart Living, Lifestyle, Health Services dan On-Demand Economy Services di tahap awal, program Indonesia Next Apps 2.0 berhasil mendapatkan 2 pemenang lokal untuk bersaing di tingkat regional.

Kedua pemenang ini akan mendapatkan hadiah total sebesar USD 20.000 dan berkesempatan mengikuti program mentorship Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge di Singapura, sebagai persiapan sebelum dilakukan pitching pada Grand Final pada bulan Desember 2015 di Jakarta.

Kedua aplikasi finalis yang akan mewakili Indonesia pada tahap selanjutnya di tingkat regional adalah aplikasi Goers dan Modegi. Goers merupakan aplikasi mobile dengan tema Lifestyle, yang memberikan informasi acara-acara yang bisa dimodifikasi yang juga dilengkapi dengan fitur pemesanan tiket secara online.

Sedangkan dengan mengusung tema Smart-Living, aplikasi Modegi merupakan produk (hardware) smart-home yang dapat dikontrol melalui WebApp ataupun Android App, dimana keunikan dari produk Modegi ini yaitu dapat berinteraksi dengan peralatan elektronik rumah tangga.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu mengatakan, setelah melewati proses penjurian bersama dengan Singtel dan Samsung, akhirnya Goers dan Modegi terpilih untuk mewakili Indonesia bersaing di tahap selanjutnya pada tingkat regional.

mobile appDengan diwakili oleh kedua aplikasi tersebut, kami ingin menunjukkan bahwa start-up di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan mampu bersaing di level internasional.

“Kami berharap kompetisi ini dapat menyebarkan semangat kepada para developer lokal untuk terus berinovasi dan menciptakan peluang di pasar yang lebih luas,” katanya.

Direktur Software dan R & D Samsung Reseach Institute Indonesia, Risman Adnan menambahkan, Samsung sebagai pemimpin pasar dalam penjualan smartphone selalu memberikan dukungan kepada pengembang lokal agar dapat mengoptimalkan aplikasinya sehingga berjalan lebih sempurna menggunakan berbagai layanan SDK (software development kit) Samsung.

“Melalui kompetisi ini, bekerjasama dengan Telkomsel, kami berharap akan hadir lebih banyak lagi aplikasi yang inovatif dan dapat diterima dengan baik oleh pasar,” jelasnya.

Indonesia Next Apps merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk mengidentifikasi para developer lokal Indonesia yang inovatif dan mempercepat pengembangan developer tersebut dalam mendapatkan akses sampai ke tingkat regional.

Roadshow Indonesia Next Apps 2.0 telah diadakan di 2 kota, yaitu di Jogjakarta (Jogjakarta Digital Valley) dan Bandung (GraPARI Digilife Dago) pada bulan Agustus 2015 yang lalu.

Pada proses penjurian, para developer dan aplikasi dipilih berdasarkan kegunaan, design antar muka dan cara penggunaan, potensi konsumen, ide dan konsep dari layanan, rencana pengembangan tahap selanjutnya, implementasi SDK dari Samsung dan Telkomsel serta design dan implementasi teknis (usability, UI/UX Design, Functionality, Potential Market, Idea/Concept, Future Development, Problem Solving, Samsung SDK Implementation dan Technical Architecture).

Di akhir program, pemenang dari Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge akan menerima hadiah uang tunai sebesar SGD $10,000, dan mendapatkan Marketing Support baik dalam skala lokal maupun regional sehingga aplikasi atau layanan tersebut bisa mendapatkan eksposur kepada lebih dari 550 juta pelanggan Singtel Group di lebih dari 25 negara.

Selain melibatkan Telkomsel sebagai operator seluler penyelenggara di Indonesia, kompetisi ini juga didukung berbagai operator seluler di negara lainnya yang merupakan bagian dari Singtel Group, yaitu Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), dan Globe Telecom (Filipina).

Dengan keterlibatan operator dari berbagai negara ini, start-ups yang terpilih dari kompetisi Indonesia Next Apps 2.0 akan memiliki kesempatan untuk memasarkan aplikasinya di pasar masing-masing negara tersebut bahkan ke tinggal regional Singtel Group.

Telkomsel melalui program Teman Dev juga mendukung industri digital kreatif di Indonesia dengan mengajak para pengembang aplikasi lokal untuk bekerja sama dengan Telkomsel termasuk partisipasi melalui event-event digital yang diadakan Telkomsel seperti The Next Dev, Indonesia Next Apps. Telkomsel juga aktif mendukung event-event digital yang diselenggarakan oleh parents company baik Telkom maupun Singtel. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market