Betulkah Aplikasi Facebook Bikin Baterai Terkuras

Aplikasi Facebook yang terpasang di smartphone kabarnya dapat menyebabkan cepat terkuras habis. Betulkah???

The Guardian melaporkan, meskipun tidak sering dipakai, aplikasi Facebook menguras banyak daya pengguna smartphone khususnya jenis iPhone.

Bacaan Lainnya

Seperti aplikasi pada umumnya, Facebook menjalankan aktivitas atau proses di belakang latar. Ini dilakukan untuk membuat informasi tetap up to date ketika pengguna mengakses aplikasi itu.

Salah satu proses tersebut menggunakan GPS untuk melacak lokasi pengguna meski aplikasi sedang tidak digunakan.

Menurut The Guardian, pelacakan lokasi inilah yang menyebabkan baterai iPhone pengguna cepat habis.

Di sisi lain, pengguna iPhone bernama Matt Gilligan melaporkan, Facebook mengonsumsi daya dalam jumlah yang besar meskipun proses belakang latar (Background App Refresh) dinonaktifkan.

Seorang pengguna Reddit dengan username Han-ChewieSexyFanfic mengaku, aplikasi Facebook memakan 20% daya iPhone 5S miliknya, meskipun layanan lokasi dan proses belakang latar sudah dimatikan.

Isu ini pun sampai ke telinga Facebook. Kepada Tech Crunch, perusahaan jejaring sosial itu mengatakan, “Kami mendengar laporan dari sejumlah orang yang mengalami masalah baterai dengan aplikasi iOS kami. Kami akan memeriksa ini dan berharap untuk memperbaikinya sesegera mungkin.”

Untuk saat ini, solusi yang mungkin bisa Anda lakukan adalah menghapus aplikasi Facebook dari iPhone Anda dan gunakanlah situs mobile-nya lewat browser. (inl/OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *