Belasan Ribu Aksesoris ‘Apple’ Made In Cina Disita

  • Whatsapp

BELASAN ribu aksesoris merk Apple made in Cina yang diduga palsu disita aparat Polda Sumut. Ini merupakan hasil penggrebekan Subdit I/ Indag Ditreskrimsus Poldasu dari beberapa Toko/Grosir yang diduga memalsukan aksesoris handphone bermerk Apple di Jalan Sekip, Jalan Razak, Jalan Kapten Muslim, Jalan Sutrisno, Jalan Pancing Medan dan tempat – tempat lain, di Kota Medan, (3/11/2015).

Bacaan Lainnya

Dari lokasi, petugas berhasil mengamankan barang-bukti asesoris palsu berlogo Apple berupa charger, handsfree, kabel data, headset, soft case yang berasal dari China, langsung diboyong ke Mapoldasu guna di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Poldasu, Kombes Pol Ahmad Haydar di dampingi Kasubdit I/Indag, AKBP Ihkwan Lubis bersama Kasubbid Penmas, AKBP MP Nainggolan mengatakan, penindakan dilakukan bermula atas laporan Purnomo Aditya, SH pada tanggal 25 Agustus 2015.

Pelapor yang diberikan kuasa oleh Apple INC untuk melakukan tindakan hukum terhadap pelanggaran atas penggunaan merek Apple dan logo Apple yang telah terdaftar Dirjen HAKI dengan Nomor pendaftaran IDN000403697 dan IDN000280105.

“Berdasarkan surat kuasa tersebut dan laporan dari pelapor Purnomo Adityo, SH, kemudian kepolisian bersama dengan tim melakukan investigasi serta pembelian barang asesoris yang diduga palsu. Selanjutnya petugas melakukan pemeriksaaan dan ternyata asesoris tersebut bukan merupakan produk resmi dari Apple INC, atas temuan itu kepolisian lalu mengamankan barang-bukti ke Mako untuk proses lebih lanjut,” ujarnya, (5/11/2015).

Dikatakannya, kepolisian mengamankan sekitar 15 ribu item dari berbagai lokasi di Kota Medan, dan mengamankan 11 orang yang ditetapkan sebagai tersangka diantaranya, MB, SA, A, S Als A, AW, JW, SPM, R, SB, R dan H.

“Ke 11 tersangka dikenakan Pasal 90,91 dan 94 UU RI No 15 tahun 2001 tentang Merek dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara dan atau denda sebesar Rp.800.000.000,” terangnya seraya menghimbau kepada para konsumen/pemilik handphone Apple di Sumatera Utara umumnya, khususnya di Kota Medan diharapkan-untuk berhati-hati. (OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *