Inilah Kunci Pembangunan Ekonomi bagi Sumut

KUNCI pembangunan ekonomi itu adalah koordinasi fiskal dan moneter.

“Kita harapkan dapat memaksimalkan sinerjitas dalam berbagai hal antara Pempro dengan BI yang selama ini sudah terjalin baik,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Regional IX Sumut – Aceh, Difi A Johansyah, Kamis (5/11/2015).

Menurut Difi, BI telah menjalin hubungan kerjasama dengan TPID Sumut. Selain itu, BI juga mendorong taraf hidup masyarakat dengan menelurkan program Pengembangan Toba Cluster dan kerjasama bidang ekonomi lainnya.

“Persaingan nantinya akan semakin ketat di era Masyarakat Ekonomi Asean. Persaingan yang terjadi bukan persaingan suku bunga, melainkan persaingan perebutan nasabah oleh perbankan. Oleh karenanya, proses perijinan merupakan salah satu langkah awal yang baik guna bisa bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean,” papar Difi.

Langkah strategi selanjutnya, BI akan menjalin kerjasama dengan Pemprov Sumut dalam program Penggunaan Non Tunai yang dinilai efektif dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pemberdayaan komunitas, pengembangan UMKM dan juga ekonomi syariah.

“Kita berharap pertumbuhan ekonomi khsususnya Sumut dapat meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Difi. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market