Pelindo I Benahi Pelabuhan Belawan

DIREKTUR Utama (Dirut) PT Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengungkapkan, sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pelabuhan, terus membenahi fasilitas yang ada demi memacu perekonomian di Sumut.

“Kontribusi kami kepada daerah dalam bentuk membuat iklim usaha di Sumut menjadi lebih baik. Dengan fasilitas lebih baik, produktifitas meningkat, kapasitas bertambah, sehingga investor merasa senang,” ujarnya, Selasa (26/1/2016).

Saat ini Pelindo I melakukan penataan terminal klasterisasi atau penataan ruang bongkar muat (dedicated area) terminal. “Nanti kita bangun car terminal, kemudian cold storage sehingga petani sayur buah bisa difasilitasi setiap saat untuk bisa mengirimkan hasil pertanian ke luar Sumut,” ujarnya.

Selain cold storagae, Pelindo I juga membangun terminal curah kering sehingga kebutuhan pupuk pakan ternak lebih cepat dibongkar. Saat ini rata-rata bongkar muat sehari berkisar 4 ribu sampai 6 ribu ton, namun sudah terjadi antrian.

Dengan penambahan nantinya terminal curah kering mampu meningkatkan kapasitas bongkar 10 ribu hingga 12 ribu ton per hari. “Tahun ini sudah bisa operasi. Dengan begitu harga lebih murah. Peternak petani di Sumut bisa tumbuh,” ujarnya.

Selain membangun tambahan terminal peti kemas sampai 2 juta teus, Pelindo I juga melakukan pendalaman alur pelayaran, sehingga ekspor dari Sumut langsung ke negara lain.

“Dengan begitu, ekonomi tumbuh, banyak investor yang tertarik membangun fasiliotas industri di Sumut, ini yang menjadi kontribusi kami,” tambahnya.

Dijelaskannya, Pelabuhan Kuala Tanjung akan selsai pada akhir tahun 2016, dimana minggu lalu progress pembangunan mencapai 38%. Selain itu, untuk meningkatkan kontribusi bagi masyarakat, PT Pelindo akan membangun RS Pelabuhan denan meningkatkan unit layanan ksehatan yang ada menjadi rumah sakit.

“Di sekitar Belawan belum ada RS yang representatif, karena itu kami ingin tingkatkan unit layanan menjadi rumah sakit. Diharapkan pada Kwartal I 2016 bisa direalisaaikan,” ujarnya. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market