Entrepreneur Muda Diajak Persiapkan Diri Hadapi MEA 2016

PELAKSANA Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap entrepreneur muda dapat bersaing di tengah persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah diberlakukan awal tahun 2016.

Hal itu disampaikan Erry Nuradi ketika menerima kunjungan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI-PT) di rumah dinas Jl Tengku Daud Medan, (10/2/2016).

Bacaan Lainnya

Turut mendampingi para mahasiswa berjiwa entrepreneur (wirausaha) muda dari berbagai Perguruan Tinggi ternama di Kota Medan, Ketua HIPMI Sumut Akbar Himawan Buchari.

Erry mengingatkan para entrepreneur muda, agar mempersiapkan diri dan memiliki skill (keahlian) dalam menghadapi MEA 2016. Salah satunya, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. Seperti, menguasai Bahasa Inggris.

“Bahasa asing seperti Bahasa Inggris telah menjadi bahasa mendunia yang mudah diterima dan dikuasai oleh orang banyak. Hal ini yang menjadi tantangan bagi entrepreneur di Sumut dalam menghadapi MEA,” ucap Erry.

Erry membeberkan, dalam perdagangan bebas MEA 2016 yang telah disepakati oleh negara-negara di Asean, ada 8 sektor yang nantinya akan bebas masuk ke Indonesia khususnya Sumut.

“3 di sektor Kesehatan, meliputi Kedokteran umum; Kedokteran Gigi dan Keperawatan. Kemudian, 2 sektor Teknik, yakni Teknik Sipil dan Arsitek. Selanjutnya, sektor Akuntansi, Pariwisata dan Perdagangan. 8 sektor ini akan bersaing dengan Indonesia,” jelas Erry.

Menurut Erry, dalam menghadapi MEA 2016, Indonesia kelak akan bersaingan dengan sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Kamboja dan Thailand. “Jangan sampai kita apalagi pemuda-pemuda Sumut menjadi penonton. Kita harus dapat bersaing dengan tenaga-tenaga asing yang akan masuk,” harap Erry.

Sementara itu, Muhammad Zaipahri selaku Ketua HIPMI-PT Sumut mengungkapkan, kunjungan silarutahmi ke Plt Gubernur Sumut dengan tujuan untuk mengundang.

“Kita berharap Plt Gubernur Sumut hadir pada tanggal 24 Februari ini dalam rangka pelantikan HIPMI-PT dan seminar nasional yang akan diadakan di Auditorium Unimed,” paparnya didamping Hawari Afif Sekretaris HIPMI-PT dan Said Idris sebagai Bendahara.

Adapun pelaku-pelaku usaha muda dari kalangan kampus yang tergabung di HIPMI_PT, diantaranya USU, Unimed, UISU, UMSU, UIN Sumut, UNIVA, UMN, UMA, Universitas Pancabudi, Universitas Graha Kirana, Universitas Harapan dan Polmed. (OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *