Gerakan Penanaman Kemenyan di Bumi Tapanuli Didukung Mahasiswa Sumut

OBROLANBISNIS.COM – Sebanyak 27 orang mahasiswa dari sejumlah Universitas (USU, UNIMED, UMSU, GRAHA KIRANA) yang tergabung dalam Indonesia Future Society (IFS) Sumatera Utara (Sumut), mendukung penuh gerakan penghijauan, penanaman dan perbanyakan bibit kemenyan (Batak: haminjon), khususnya di kawasan hutan di Tapanuli.

IFS sebagai salah satu wadah berkumpulnya para mahasiswa berharap besar budidaya Haminjon, sekaligus sebagai salah satu pendukung untuk pemenuhan pencapaian program Danau Toba sebagai Monaco Of Asia.

Harapan tersebut terungkap dalam kegiatan kunjungan sekaligus penanaman bersama bibit Haminjon dikawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) sektor Aeknauli milik PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TobaPulp).

Mahasiswa menilai, Haminjon harus dilestarikan dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun pihak swasta (perusahaan), karena merupakan tanaman yang memiliki nilai sejarah dan budaya suku Batak.

“Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai study banding dan ekowisata mahasiswa yang tergabung dalam IFS. Kenapa tujuannya ke TobaPulp? Karena selain wisata kami juga ingin melihat langsung apakah sejumlah isu negative terhadap perusahaan ini benar adanya,” tutur Syahrul Akbar Ketua IFS Sumatera Utara (Sumut), akhir pekan lalu.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market