Inflasi Sumut Juli 2016 Terkendali

OBROLANBISNIS.COM – Permintaan masyarakat yang biasanya meroket pada perayaan hari raya Idul Fitri dan tahun ajaran baru 2016/2017 mampu dikelola dengan baik, sehingga inflasi Juli 2016 terkendali.

Realisasi inflasi Sumatera Utara (Sumut) bulan Juli 2016 tercatat 0,18% (mtm) lebih rendah dari nasional 0,69% (mtm). Realisasi ini bahkan merupakan capaian inflasi bulan Juli terendah dalam 10 tahun terakhir.

Bacaan Lainnya

Menurut Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Harries Meirizal, rendahnya capaian inflasi pada bulan Juli terutama disumbang oleh inflasi kota Medan yang hanya mencapai 0,07% (mtm). Meski relatif rendah, inflasi tahun kalender Sumut hingga Juli 2016 telah mencapai 2,23% (ytd), masih lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi tahun kalender nasional yang tercatat 1,76% (ytd).

Secara spasial, inflasi terkendali terjadi pada keseluruhan kota di Sumut dengan inflasi tertinggi terjadi di kota Padangsidimpuan 1,57% (mtm). Tingginya disparitas inflasi antar kota IHK di Sumatera Utara mengindikasikan semakin mendesaknya intensifikasi perdagangan antar wilayah yang kesuksesannya tidak lepas dari kapabilitas infrastruktur yang memadai.

“Inflasi Sumatera Utara (Sumut) yang terkendali terutama didorong oleh sektor bahan makanan yang justru mengalami deflasi mencapai -1,42%. Intensifnya program kerja TPID Provinsi Sumatera Utara berkontribusi besar pada penurunan harga bahan pangan,” tulisnya dalam siaran pers yang diterima, Selasa (2/8/2016).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *