Triwulan II 2016 | Perekonomian Sumut Melonjak Tajam

Dari sisi eksternal, perbaikan harga komoditas perkebunan yang terjadi pada triwulan lalu di tengah permintaan domestik yang meningkat dalam menyambut lebaran menyebabkan adanya peningkatan kinerja ekspor yang signifikan dari 3,2% (yoy) menjadi 6,9% (yoy).

Bacaan Lainnya

Perbaikan ekspor diperkirakan terjadi pada ekspor antar daerah sejalan dengan perbaikan permintaan domestik yg juga terjadi di daerah lain. Sementara itu, ekspor luar negeri juga secara tahunan membaik meski masih dalam teritori negatif.

Begitu juga dengan kinerja impor yang meningkat signifikan dari 1,4% (yoy) menjadi 7,4% (yoy). Tingginya peningkatan realisasi impor ini memberikan optimisme perbaikan ekonomi sejalan dengan kenaikan impor barang modal.

Secara sektoral, indikasi perbaikan tersebut tercermin pada peningkatan pertumbuhan sektor perdagangan dan konstruksi. Selain itu, perbaikan permintaan masih dapat didukung dengan meningkatnya pasokan sejalan dengan pertumbuhan sektor Pertanian yang masih cukup baik.

Peningkatan kategori perdagangan terjadi seiring dengan meningkatnya aktivitas konsumsi masyarakat dan membaiknya harga komoditas perkebunan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *