Telkomsel Pantau Kualitas Layanan Jelang Pergantian Tahun dari Sabang Sampai Merauke

Sementara itu, pemantauan dari sisi C4 dilakukan untuk menangani berbagai hal terkait aktivitas komunikasi pelanggan seperti customer complaint, network incident dan service performance. Selain itu, Telkomsel juga memantau performansi dari aplikasi/web MyTelkomsel dan MyGraPARI, serta berbagai aplikasi pesan instan, media sosial, video streaming, dan music streaming yang banyak digunakan oleh pelanggan.

Sedangkan, ITOC difungsikan untuk memastikan akses pelanggan terhadap layanan Telkomsel dari sisi IT dapat dinikmati dengan lancar, seperti memantau aktivitas provisioning handling, charging system, value added services (VAS), dan digital services.

Dilengkapi dengan dashboard monitoring wall display, IOC juga memantau secara langsung ketersediaan, utilisasi, dan performansi jaringan terutama di 687 titik keramaian utama yang telah diindentifikasi Telkomsel sebagai titik-titik yang tingkat aktivitas komunikasinya paling tinggi, seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah. Di lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data sebesar 47% bila dibandingkan dengan trafik pada hari normal.

Beroperasinya IOC melengkapi berbagai aktivitas yang dilakukan Telkomsel dalam menyambut momen tahun baru 2017, selain melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. 723 BTS baru dibangun secara khusus untuk momen pergantian tahun ini agar masyarakat dapat terus menikmati layanan telekomunikasi berkualitas saat trafik telekomunikasi tercatat mengalami lonjakan cukup tinggi tiap tahunnya, khususnya layanan data.

Di lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan, Telkomsel juga mengerahkan 91 compact mobile base station (Combat) untuk menjaga agar layanan tetap prima.

Pada puncak periode Natal dan tahun baru kali ini, Telkomsel memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4,10 petabyte atau naik lebih dari 118% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video streaming, music streaming, online games, media sosial, chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi.

Sementara itu, trafik layanan suara diperkirakan menembus 1,52 miliar menit perhari dan trafik SMS diperkirakan mencapai 892 juta SMS perhari. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market