Mendag Gandeng MatahariMall.com Untuk Modernisasi Bisnis UKM

OBROLANBISNIS.com – Pada tahun 2016, jumlah UKM di Indonesia diperkirakan mencapai 55,2 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 57,9 persen dan kontribusi penyerapan tenaga kerja 97,2 persen.

Melihat kontribusi tersebut, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng MatahariMall.com dalam program pemberdayaan bagi pelaku UKM, yakni UKM Super.

Bacaan Lainnya

Kerjasama yang bertujuan untuk mengembangkan potensi bisnis ke ranah digital ini, diresmikan dengan penandatanganan kerjasama antara MatahariMall.com dengan perwakilan UKM binaan Kemendag, di Jakarta.

Program pemberdayaan tersebut akan dikemas dalam sebuah pembekalan teknis serta pendampingan dalam rangka penguatan produk untuk meningkatkan daya saing serta optimalisasi praktik pemasaran digital.

Dengan memodernisasi seluruh proses operasionalnya, dari produksi, branding, lisensi, hingga pengemasan, bisnis UKM diharapkan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga dapat lebih maju untuk kemudian memanfaatkan platform digital dalam berbisnis.

“Selain berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, UKM juga memiliki kontribusi yang penting dalam mengatasi permasalahan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, kami membuat sebuah program strategis untuk mengembangkan dan memperkuat seluruh potensi UKM. Kami melihat bahwa MatahariMall.com tak hanya berfokus pada penjualan online, namun juga berkontribusi mengadakan pendampingan dan edukasi kepada UKM yang telah bergabung,” ungkap Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

“Dengan menggandeng MatahariMall.com sebagai salah satu marketplace eCommerce terbesar di Indonesia, pemerintah akan bekerjasama untuk memperluas jaringan bisnis UKM melalui ranah digital,” ucapnya.

Sejak didirikan, MatahariMall.com secara aktif menggandeng dan membimbing ribuan pelaku UKM di Indonesia. MatahariMall.com membekali pelaku UKM dengan beragam materi pembelajaran bisnis online untuk membantu meningkatkan kualitas, daya saing, dan juga jangkauan mereka baik di pasar lokal maupun internasional.

Dengan latar belakang tersebut, MatahariMall.com dipilih sebagai partner ekslusif Kemendag untuk membantu mengembangkan program pemasaran online para pelaku UKM.

“Sejak awal, kami mengerti betapa penting peran UKM di dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kami juga percaya bahwa dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, pelaku UKM akan dapat mempercepat peningkatan kontribusi positif tersebut,” jelas Hadi Wenas, CEO MatahariMall.com.

Semoga dengan diresmikannya perjanjian kerjasama hari ini, MatahariMall.com dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan UKM yang terlibat di dalam program pemberdayaan ini. “Kami juga berharap akan ada lebih banyak kerjasama dengan pemerintah untuk terus mengoptimalkan potensi UKM di Indonesia,” cetusnya. (rel/OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *