Telkomsel Prediksi Terjadi Lonjakan Trafik Jelang Lebaran

OBROLANBISNIS.com – Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan
komunikasi pelanggan seIama periode mudik lebaran.

Optimalisasi jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Bacaan Lainnya

Untuk menghadapi mudik Lebaran, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 206 hotspot atau POI (Point of Interest) yang meIiputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional dan Mal, di mana Iokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami Ionjakan komunikasi yang cukup tinggi di masa Ramadhan dan Lebaran.

Untuk memaksimalkan kapasitas di Iokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 17 unit compact
mobiIe base station (combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

Di samping mengerahkan Combat, berbagai upaya yang dilakukan Telkomsel untuk mengoptimalkan
kualitas jaringan menghadapi periode mudik Lebaran di antaranya membangun lebih dari 1.470 base transceiver station (BTS) baru dan memodernisasi lebih dari 3.100 BTS.

Executive Vice president Telkomsel Area Sumatera, Paulus Djatmiko mengatakan, kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan Iayanan bagi para pelanggan, terutama pada periode mudik Lebaran yang menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia.

“Untuk itu, sejak jauh hari kami ingin memastikan seluruh Iayanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan,” katanya.

Trafik Iayanan data atau payload pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini diproyeksi sekitar 1.300 terabyte atau naik lebih 97,6% dibandingkan puncak RAFI tahun lalu. Sementara itu, trafik layanan suara diproyekan lebih dari 481 juta menit, sedangkan trafik SMS diperkirakan menembus Iebih dari 142 juta SMS per hari pada puncak RAFI tahun ini.

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di Iokasi-lokasi POI yang teIah
teridentifikasi, agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu, seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Ramadhan dan Lebaran, diantaranga 115 GraPARI, 189 Mobile GraPARI, 15 unit layanan digital self-service MygraPARI dan 266 Branch Office (Telkomsel Distribution Center). (rel/OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *