Pertamina Catat Kenaikan Konsumsi BBM di Arus Mudik

OBROLANBISNIS.com – Semenjak H-7 jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, PT Pertamina (persero) MOR I Sumbagut mencatat peningkatan realisasi penyaluran BBM dibandingkan penyaluran pada kondisi normal.

Konsumsi Bahan Bakar jenis Pertalite di Sumut mengalami peningkatan tertinggi pada H-1 dengan peningkatan sebesar dari angka penyaluran harian normal sebesar 2.525 kiloliter perhari menjadi 4.749 kiloliter atau naik 88 persen.

Selama satgas Pertalite di Sumut naik rata rata 25 persen atau menjadi 3.100 kl per hari. Sementara Premium justru turun konsumsinya jika dihitung rata rata normalnya.

Area Manager Communication & Relation Pertamina Sumbagut, Fitri Erika menyampaikan, lonjakan konsumsi Pertalite di Sumatera Utara didominasi oleh permintaan konsumen di daerah jalur mudik dan lokasi wisata.

“Lonjakan konsumsi Pertalite tertinggi terjadi di daerah yang dilewati oleh arus mudik lebaran dan wisata seperti di Kabupaten Samosir, kota Siantar , kab Karo, Kab Padang Lawas, Kabupaten Tapanuli Selatan,” ujar Fitri dalam siaran persnya yang diterima, Sabtu (1/7/2017).

Fitri menambahkan, BBM jenis Premium di Sumatera Utara mengalami penurunan konsumsi hingga 25% dari angka penyaluran harian normal. Walaupun Pertamina telah melakukan penambahan pasokan Premium tetapi respons konsumen justru turun.

Untuk produk Pertamax pada H-2 tgl 23 Juni peningkatan konsumsi sebesar 87 persen dari penyaluran harian normal 321 kiloliter menjadi 600 kiloliter. Kabupaten Serdang Bedagai menjadi lokasi dengan konsumsi Pertamax tertinggi, tercatat pada kenaikan rata rata 91% dari penyaluran harian normal 7 kiloliter menjadi 13 kiloliter per hari.

Dalam rangka mengantisipasi konsumsi BBM yang meningkat pada masa satgas ini dan arus balik, Pertamina telah menambah jumlah pasokan BBM ke SPBU – SPBU yang terletak di jalur mudik dan lokasi wisata sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Selain itu, Pertamina juga telah menyediakan 3 kiosk Pertamax yang menjual produk BBM dalam kemasan jenis Pertamax dan Pertamina Dex di jalan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi serta kantong SPBU yang tersebar di 8 titik di Wilayah Sumatera Utara.

Total 19-28 Juni penjualan BBM di Kiosk Pertamax di 3 lokasi, yakni rest area teluk mengkudu, perbaungan dan Binjai sebesar 896 liter Pertamax dan 70 liter Pertamina DEX

Tim satgas Pertamina masih akan terus bersiaga untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen BBM dan LPG. Apabila terdapat keluhan dan informasi terhadap layanan dan produk Pertamina dapat menghubungi Contact Pertamina di 1-500-000. (rel/OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market