Opera Browser Makin Canggih! Coba Buktikan

OBROLANBISNIS.com – Opera meluncurkan versi terbaru Opera browser untuk komputer yang dapat mengungguli browser lainnya.

Opera browser kini mengusung fitur snapshot editing yang menyenangkan, fitur pencarian pop-up yang praktis, beragam aplikasi pesan populer yang terintegrasi, serta dukungan untuk menonton konten video online menggunakan perangkat Virtual Reality (VR) yang membuat penjelajahan web menjadi lebih interaktif dan nyaman.

Bacaan Lainnya

“Kami percaya bahwa browser yand ada di pasar saat ini ketinggalan zaman sehingga browser memang membutuhkan pemikiran baru dan juga proses modernisasi,” ucap Krystian Kolondra, Head of Opera Browser.

Tahun ini, meluncurkan konsep browser baru, Opera Neon, yang benar-benar mencerminkan imajinasi masyarakat akan sebuah browser. “Saat ini, tim kami terus menyempurnakan sekaligus menerapkan beberapa konsep baru sebagai bagian dari proyek yang kami namai Reborn atau lahir baru,” katanya.

Berbagi Screenshot

Fitur snapshot kini hadir dengan editing tools dan selfie mode untuk membantu pengguna memberikan sentuhan personal terhadap screenshot yang ingin mereka simpan atau bagikan.

Termasuk di dalamnya adalah penggunaan kamera selfie untuk mengambil swafoto secara instan dan menambahkannya pada screenshot. Pengguna dapat membuka fitur ini secara langsung dari sidebar melalui ikon kamera.

Setelah mengambil screenshoot, editing tools – termasuk pensil, arrow, blur, zoom, emoji dan kamera selfie – akan muncul di atas.

Aplikasi Pesan

Pada bulan Mei, Opera menjadi browser pertama yang menambahkan dukungan untuk aplikasi pesan populer dalam sebuah sidebar pada browser. Dengan peluncuran baru ini, daftar aplikasi pesan yang didukung pada browser Opera, meliputi Facebook Messenger, WhatsApp, Telegram dan VK.

Dengan memadukan layanan berbasis web ini, Opera memungkinkan masyarakat untuk menggunakan komputer sama seperti menggunakan ponsel tanpa perlu memasang extension atau perangkat lunak tambahan.

Video Online

Dalam rilis ini, Opera menyediakan VR 360 video player yang tertanam langsung pada browser. Fitur ini diperkenalkan dalam versi developer Opera 49 menjadikan Opera sebagai dekstop browser pertama yang mendukung streaming video 360 derajat di sebagian besar perangkat VR saat ini.

Pemilik HTC Vive, Oculus Rift dan perangkat kompatibel OpenVR lainnya sekarang dapat dengan mudah melihat konten video 360 derajat yang belakangan ini semakin menjamur di Internet.

Easy Setup

Sebuah menu baru Easy Setup menyediakan jalan pintas untuk fitur-fitur umum yang mudah disesuaikan pada browser. Hal ini membantu pengguna untuk mengatur tampilan Opera Reborn dengan tema, designer wallpapers, bookmark, pilihan sidebar dan masih banyak lagi.

Para pengguna juga dapat menyesuaikan fitur-fitur terkenal seperti ad-blocker, mengatur lokasi unduhan dan menghapus data pencarian. Jika pengguna beralih dari browser lain, Easy Setup juga memudahkan pemindahan bookmarks serta data dari browser lama dan menjadikan Opera sebagai browser baru.

Fitur-Fitur yang Diperbarui
  1. Tool pencarian pop-up dapat mengubah 32 unit pengukuran, 14 zona waktu dan 37 mata uang, termasuk lima yang terbaru yaitu hryvnia milik Ukrainia (UAH, ₴), tenge milik Kazakhstan (KZT, ₸), lari milik Georgia (GEL, ლ, ₾), pon milik Mesir (EGP, E£) dan ruble milik Belarusia (BYN). Pengguna dapat memilih harga dan mengubahnya menjadi unit, mata uang atau zona waktu yang dipilih secara cepat.
  2. Ikon extension yang terletak di kanan gabungan baris pencarian dan alamat, sekarang dapat diatur ulang.
  3. Mode pribadi yang lebih baik. Jendela pribadi kini lebih menyerupai tema terang Opera dengan baris alamat yang sesuai.
  4. Pencarian lebih dipertajam tampilannya menjadi lebih baik pada layar HiDPI.

Browser Opera untuk komputer memiliki pertumbuhan dua-angka selama 2017, hai ini menjadikan pertumbuhan ini sebagai yang terpesat di tahun ini. Jumlah pengguna aktif setiap bulannya meningkat lebih dari 25% dari tahun ke tahun.

Di Amerika, peningkatannya mencapai 65% lebih dari waktu yang sama tahun lalu. Pengguna di Perancis meningkat 64%, Inggris 50%, diikuti Italia (40%), Belanda (34%) dan Jerman (27%).

Pertumbuhan tersebut menggambarkan bahwa pengguna menerima fitur unik yang ditampilkan Opera Reborn dan mendambakan perubahan menggunakan browser modern yang mampu membantu mereka untuk melakukan pekerjaan secara multitasking dan berinteraksi dengan sesamanya di internet secara mudah. [rel/OB1]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *