Rakerkon Apindo Sumut Angkat Isu Peluang Investasi Danau Toba

OBROLANBISNIS.com – Dalam Rapat Kerja dan Konsultasi (Rakerkon) Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia Sumatera Utara (Apindo Sumut) mengangkat isu peluang investasi Danau Toba.

Terobosan yang diangkat Apindo Sumut disambut Hariyadi B Sukamdani sebagai
Ketua Umum Apindo saat menghadiri rapat kerja yang berlangsung di Pulau Samosir, 8 – 10 Desember 2017.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Apindo, Hariyadi B Sukamdani mengatakan, berbicara investasi perlu dukungan semua pihak, antara pemerintah, pengusaha dan elemen masyarakat.

Seperti Danau Toba ini, siapa yang tak kenal objek destinasi wisata kebanggaan Sumatera Utara (Sumut). Dunia sudah mengetahui keindahan ‘surganya’. Tapi, nyatanya dibandingkan daerah lain, wisata Danau Toba terbilang tertinggal.

“Nah, melalui rapat kerja dan konsultasi yang dilakukan Apindo Sumut saat ini, berupaya mengembangkan destinasi Danau Toba yang lebih baik lagi, melalui pengembangan investasi,” ujar Hariyadi.

Menurutnya, pengembangan Danau Toba butuh perhatian serius dari pemerintah daerah. “Perlu komitmen dari pemerintah daerah (pemda) membangun Danau Toba ini,” ujarnya.

Seperti contoh di daerah lain dari catatan Apindo, baru tiga daerah yang mendapatkan komitmen dari kepala daerah dalam membangun pariwisata. Adalah Bandung, Wakatobi dan Banyuwangi, berhasil mengembangkan destinasi wisata berkat komitmen kepala daerahnya. “Maunya dukungan dan konsentrasi dalam pembangunan Danau Toba juga datang dari Bupati Samosir, agar program pemerintah mewujudkan Monaco of Asia,” ujarnya.

Dengan adanya ketebukaan dari pemerintah daerah, akan mendorong datangnya investasi ke Pulau Samosir. “Apindo yang didalamnya pengusaha-pengusaha swasta dapat berkontribusi dalam pengembangan Danau Toba,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Apindo Sumut, Parlindungan Purba mengatakan, hadirnya Apindo tidak hanya membahas permasalahan pengupahan saja. Melainkan juga ingin berkontribusi mengangkat pariwisata Sumut, seperti Danau Toba.

“Apindo Sumut siap berkontribusi memajukan destinasi Danau Toba melalui sinergitas bersama pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Raker dan Konsultasi, Perry Iskandar menjelaskan, Apindo ingin memperkenalkan destinasi wisata serta mengangkat peluang investasi dan usaha yang ada di Pulau Samosir.

Diharapkan melalui Raker dan Konsultasi ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi destinasi Danau Toba. [OB1]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *