Ivan Batubara Diamahkan Bentuk Ikatan Saudagar Muslim Indonesia di Sumut

OBROLANBISNIS.com – Ivan Iskandar Batubara mendapat amanah membentuk Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Sumut.

Pemberian amanah tersebut ditandai dengan peyerahan Surat Rekomendasi oleh Ketua Umum ISMI Pusat Ilham A Habibie kepada Ivan dalam acara Refleksi Akhir Tahun ISMI 2017 di Hotel Sofyan Betawi, Jl. Cut Meutia Menteng, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam acara tersebut Sekjen ISMI Pusat Syarifuddin Anhar dan pengurus ISMI Pusat lainnya, PW ISMI sejumlah daerah, Pengusaha JSM Muhammadiyah, Pengusaha HPN NU, perwakilan Komisi Ekonomi MUI Pusat dan Direktur Eksuktif Kadin Sumut Hendra Utama.

Usai penyerahan Surat Rekomendasi, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) ini mengaku terharu mendapat amanah membentuk PW ISMI Sumut. “Ini menjadi tanggungjawab yang harus saya emban dengan baik,” sebut Ivan.

Sejumlah organisasi telah menyatakan dukungan dalam percepatan pembentukan PW ISMI Sumut diantaranya DPW NU Sumut, DPW Muhammadiyah SUMUT, ICMI Sumut dan MUI Sumut.

“Pembentukan PW ISMI Sumut nantinya akan menambah barisan organisasi pengusaha yang dapat memperkuat perekonomian Sumut. ISMI nantinya akan bergandengan tangan dengan semua pihak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara. Para saudagar muslim harus mengambil peran, tidak boleh diam saja,” tambah Ivan.

Semua organisasi perlu menyatukan visi dan misi dalam menggerakkan perekonomian masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan, kesempatan kerja dan SDM unggul yang mampu melakukan inovasi dalam menciptakan produk baru.

“Ini adalah tanggungjawab kita bersama. Tidak hanya Kadin, ISMI nantinya juga punya beban tugas yang sama. Kita akan merangkul pemerintah daerah, bersinergi dan saling dukung,” harap Ivan.

ISMI nantinya, sebut Ivan, akan fokus pada pengembangan pengusaha muslim skala Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pengusaha muslim UKM harus mampu menjadi penyangga utama ekonomi nasional untyuk mewujudkan kesejahteraan serta berkontribusi mengatasi kemiskinan, kesenjangan dan pengangguran.

“Saya optimis karena ISMI memiliki modal sosial karena didirikan empat ormas Islam yakni NU, Muhammadiyah, MUI dan ICMI,” ujar Ivan.

Sementara Ketua Umum ISMI Pusat Ilham A Habibie berharap, pembentukan PWISMI Sumut dapat terealisasi awal 2018 mendatang agar program ISMI yakni menggali karakter UKM, mengganli potensi SDA dan memperkuat peran pengusaha muslim secara nasional dapat segera terlaksana.

“Saya yakin, Ivan mampu merealisasikan pembentukan pengurus ISMI di Sumatera Utara. Walau ini bukan pekerjaan mudah, tetapi saya yakin semua pengusaha muslim di Sumatera Utara akan bersatu dan salin bantu,” ujar Ilham.

Ilham juga mengatakan, PW ISMI telah terbentuk di 6 Provinsi, diantaranya Jakarta dan Jawa Tengah. Nantinya, ISMI akan dibentuk di tiap provinsi secara nasional.

“Ini bagian dari program pengembangan sayap ISMI di daerah. Tujuannya jelas, mendorong pertumbuhan ekonomi, membantu pemerintah daerah dalam menelurkan kebijakan yang baik, tidak hanya bagi pengusaha muslim, namun juga kepada masyarakat luas,” harap Ilham. [rel/OB1]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *