PLN Kitsbu Kenalkan Program K3 Sejak Dini pada Siswa SMK

OBROLANBISNIS.com – PT PLN Pembangkitan Sumbagut (Kitsbu) mengenalkan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sejak dini kepada siswa SMK khususnya teknik kelistrikan. Pengenalan ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian acara Peringatan Bulan K3 Nasional.

Pengenalan program K3 ini dilakukan ke beberapa sekolah SMK diantaranya SMK 1 Percut Sei Tuan, SMK 2 Medan Jalan STM dan SMK 5 Medan di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Sumut. Roadshow pengenalan K3 ke siswa SMK ini diberikan agar lulusan SMK dapat lebih memahami akan pentingnya K3 dalam kerja.

Bacaan Lainnya

“Roadshow ini merupakan sosialisasi dengan  Safety Goes to School. Sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan kegiatan Peringatan Bulan K3 Nasional yang jatuh pada 12 Januari hingga 12 Februari,” kata Supervisor K3L Hilda Iriany, Kamis (8/2/2018).

Iriany mengatakan, puncak kegiatan yang diisi dengan berbagai kegiatan tersebut termasuk lomba-lomba akan dipusatkan di kantor PLN Kitsbu. Puncak acara akan diisi dengan apel upacara sebagai bagian dari Peringatan Bulan K3 Nasional.

Kenapa sekolah-sekolah? Iriany menuturkan, SMK khususnya jurusan kelistrikan nantinya akan menghadapi tantangan kerja yang sama. Apalagi, SMK merupakan salah satu cikal bakal tenaga kerja di kelistrikan juga nantinya.

“Jadi, salah satu tujuan utama kita itu untuk mengenalkan bahwa pentingnya K3 ini selama bekerja. Jadi, kita kenalkan sejak dini, agar mereka memahami edukasi seperti apa yang perlu nanti saat di dunia kerja. Kemudian nantinya juga dapat ditularkan ke teman-temannya dan keluarganya,” ujarnya.

Sementara,  Plt Manajer Analyst Kinerja Sektor Pembangkitan Medan, Trisno Widayat yang turut hadir sebagai pemateri menjelaskan bahwa dalam sosialisasi ini pihaknya memaparkan edukasi berbagai hal terkait K3. Termasuk bagaimana di lingkungan kerja, sekolah dan rumah.

“Kita juga memberikan demo dan menunjukan video mengenai bagaimana penanganan masalah-masalah teknis yang terjadi saat bekerja dan di dalam rumah. Edukasi ini kita harap menjadikan mereka lebih memahami seperti apa K3,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, pentingnya SMK dalam sosialisasi ini karena menjadi cikal bakal dalam dunia kerja. Apalagi, pihaknya juga memberikan edukasi mengenai berbagai kinerja PLN bagaimana proses dan alur produksi listrik dari hulu hingga ke hilir atau pelanggan. [rel/OB1]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *