Semangat Kartini | Pertamina Dukung ‘Pemodalan’ UMKM Perempuan

OBROLANBISNIS.com – Data dari International Finance Corporation (IFC), 43 persen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) digawangi perempuan. Jumlahnya menurut Bank Indonesia (BI) mencapai sekitar 37 juta.

“Kontribusi mereka (UMKM perempuan) pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pun tak kecil, mencapai 9,1 persen. Merekalah kartini-kartini masa kini, penggerak ekonomi pertiwi,” sebut Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo.

Bacaan Lainnya

Oleh karenanya, dalam menyemarakan hari Kartini, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mendukung perempuan pelaku UMKM dengan menyalurkan modal bergulir. Penyaluran Program Kemitraan (PK) senilai Rp 275.000.000 dilaksanakan pada Minggu (21/4/2019).

Roby Hervindo menjelaskan, 36 persen pelaku UMKM binaan Pertamina adalah perempuan. “Sejumlah 46 dari 128 mitra binaan Pertamina MOR I di Sumatera Utara adalah perempuan. Sejak 2016, kami menyalurkan dana pinjaman pada mitra binaan perempuan senilai 2,8 miliar rupiah,” ucap Roby.

Salah satu perempuan pelaku UMKM adalah Desi, pemilik usaha Tophtea yang menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2017. Ia mengisahkan, tak mudah merintis bisnis minuman teh kekiniannya. Bahkan, Desi sempat berhadapan dengan preman saat menjual produknya.

“Berawal dari ketidakpuasan pada hidangan minuman di cafe, saya lihat ada peluang. Pada 2017, saya berhenti dari pekerjaan untuk merintis bisnis Tophtea,” kata Desi seraya mengungkapkan, awalnya ia hanya mempekerjakan dua orang dengan produksi sejumlah puluhan botol per hari.

Setelah menjadi mitra binaan Pertamina, bisnisnya berkembang. Pinjaman modal dari Pertamina, dimanfaatkan membeli mesin minuman, menambah jumlah pendingin, serta stok botol dan bahan baku dalam jumlah besar. Kini, usahanya mempekerjakan lima orang dengan produksi mencapai ratusan botol per hari.

Selain bantuan modal, Desi juga mendapat dukungan pengembangan usaha dengan diikutsertakan berbagai pameran. “Pertamina mengikutkan saya dalam pameran di Medan, Padang dan Batam. Saya juga ikuti event yang dilaksanakan Pertamina, maupun sajian untuk tamu,” ucap Fulan.

Selama Januari hingga April 2019, tak kurang dari Rp 575.000.000 modal bergulir telah disalurkan pada mitra binaan di Sumut. Adapun total penyaluran PK di Sumut periode 2016 – 2019 mencapai 8,4 miliar rupiah.

Selain dukungan pada perempuan pelaku UMKM, Pertamina juga memberi apresiasi bagi pelanggan perempuan di peringatan hari Kartini 2019. Manager Retail Fuel Marketing Pertamina MOR I, Rama Suhut, menjelaskan apresiasi bagi pelanggan berlaku di 21 SPBU kota Medan pada 21-22 April 2019.

“Spesial untuk pelanggan perempuan pemakai Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex, kami sediakan jalur layanan khusus. Mereka juga mendapat promo khusus cashback,” jelas Rama.

Untuk pembelian senilai minimum Rp 300.000 per struk (tidak berlaku penggabungan transaksi), pelanggan akan mendapat cashback Rp 30.000 untuk kartu kredit BNI – Pertamina dan Rp 25.000 untuk kartu debit dan kredit BNI Regular.

Sementara bagi pelanggan Bright Gas, ada diskon Rp 21.000 bagi pembelian tabung perdana, isi ulang, maupun pertukaran (trade in). Pembelian Promo Bright Gas Hari Kartini itu melalui Pertamina Call Center 135, Contact Pertamina 1-500-000, atau email pcc@pertamina.com. ***

[rel/OB1]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *