Harga Logam Mulia Nyaris Tembus 800 Ribu Rupiah

OBROLANBISNIS.com – Harga emas mulia pada perdagangan (10/9/2019), mengalami penurunan dibandingkan sehari sebelumnya. Bahkan harga Logam Mulia ini turun jauh dibandingkan dengan harga sepekan yang lalu.

Seperti harga emas batangan Aneka Tambang (Antam) di Galeri24 Pegadaian Medan yang sempat menembus angka Rp800 ribu untuk denominasi 1 gram pada pekan lalu, kini kembali turun di kisaran Rp795 ribu per gramnya.

“Harga emas hari ini di Galeri24 Pegadaian per gramnya Rp795 ribu, sebelumnya sempat menembus angka Rp800 ribuan. Sedangkan untuk tabungan emas harganya Rp723 ribu per gram, kata Kepala Cabang Pegadaian Medan Utama, Suripto di Medan.

Penurunan harga emas tersebut juga mempengaruhi turunnya harga emas Untung Bersama Sejahtera (UBS) yang saat ini dijual dengan harga Rp742 ribu per gram. Begitu juga dengan harga emas perhiasan juga turun mengikuti harga pasar.

“Harga emas pada hari ini ada penurunan sedikit dibandingkan pekan lalu. Penurunan terjadi sekitar 5% dibandingkan pekan lalu. Namun saya masih yakin kalau harga emas bakal naik lagi,” ujarnya optimis.

Suripto menyebutkan, di saat penurunan harga ini merupakan momen yang tepat bagi masyarakat untuk membeli maupun menabung emas.

“Saat turun ini, manfaatkan bagi masyarakat untuk menabung emas maupun membeli. Dan saran kami memang sebenarnya di saat harga naik, seyogyanya jangan dijual, karena biasanya bakal naik lagi. Namun kalau butuh uang, bisa digadaikan di Pegadaian,” ujarnya.

Suripto menjelaskan, Pegadaian memiliki produk tabungan emas. Tabungan emas ini sama dengan menabung di bank, namun bedanya uang yang ditabung dikonversi ke gram emas sesuai dengan patokan harga emas pada hari itu. Misalnya, bila menabung Rp1 juta, maka akan dihitung menjadi sejumlah gram emas.

“Kalau tabungan emas di Pegadaian, tidak harus membeli 1 gram, tapi bisa menabung dengan pecahan kecil yakni 0,01 gram. Saat ini 0,01 gram berkisar harga Rp7.230, itu sudah bisa menabung,” jelasnya.

Menurutnya, jumlah uang yang ditabung akan tersaldo menjadi jumlah gram emas, akan bertambah saldo gramnya, bila terus melakukan penabungan.

“Tabungan emas ini bisa diambil kembali dalam bentuk uang, selain itu juga bisa dicetak dalam bentuk emas batangan. Emas tersebut akan dicetak di Antam. Selain itu juga bisa digadaikan,” jelasnya.

Suripto menyebutkan, nasabah tabungan emas ini terus mengalami peningkatan. Khusus di Pegadaian Cabang Medan Utama, jumlah nasabahnya sudah mencapai 4.000 lebih nasabah. Sedangkan total keseluruhan ditambah unit-unit yang ada di Pegadaian Cabang Medan Utama sekitar 8.000-an nasabah tabungan emas.

Menurutnya, Logam Mulia emas ini merupakan salah satu instrumen alternatif investasi yang aman, karena emas ini aman dari inflasi dan harganya cenderung terus mengalami kenaikan. Namun, emas ini merupakan investasi jangka panjang dan baru akan terlihat hasilnya setelah 3 tahun dan seterusnya. ***

[OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market