Dirut PD Pasar Pastikan Seluruh Pedagang Eks Pasar Aksara Dapat Tempat di Pasar yang Baru

OBROLANBISNIS.com – Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Medan Rusdi Sinuraya memastikan seluruh pedagang eks Pasar Aksara yang terbakar Juli 2016 mendapat tempat di pasar yang baru setelah nantinya selesai dibangun.

“Semua pedagang Pasar Aksara yang korban kebakaran nantinya pasti akan mendapatkan tempat yang dibangun di Pasar Aksara Baru, Jalan Mesjid,” kata Rusdi Sinuraya di Medan, Rabu (9/10/2019).

Bacaan Lainnya

Penegasan tersebut disampaikan orang nomor satu di PD Pasar Kota Medan terkait pernyataan Ketua DPRD Medan, Hasyim SE yang meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk mengakomodir keluhan pedagang eks Pasar Aksara, (9/10/2019).

Rusdi Sinuraya mengatakan, saat ini, Pasar Aksara dalam proses penyusunan perencanaan Detail Bangunan oleh Balai Sumut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI).

“Pasar Aksara sekarang sudah dalam proses penyusunan perencanaan oleh Kementrian PUPR. Diharapkan selesai bulan November tahun ini. Setelah itu segera dilakukan pelelangan pada bulan Desember oleh Kementrian PUPR. Diharapkan Januari atau Pebruari sudah dimulai pekerjaan pisik bangunan Pasar Aksara Baru di lokasi yang baru di Jalan Mesjid, berjarak sekitar 200 meter dari eks Pasar Aksara yang terbakar,” jelasinya.

Untuk itu, Rusdi mengimbau kepada para pedagang yang ditampung sementara di Terminal Aksara, dan pasar-pasar terdekat seperti Pasar Halat, Bakti, Sukaramai dan Sentosa Lama serta beberapa lokasi lainnya untuk bersabar.

“Karena Pasar ini sudah menjadi atensi dari Bapak Presiden. Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau langsung lokasi pasar pascaterbakar pada hari Jumat, 17 November 2017 yg lalu dan Presiden juga sudah menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) No 64 Tahun 2018,” imbaunya.

Jadi, kata Dirut, sebanyak 819 pedadang di Pasar Aksara yang terbakar tidak perlu khawatir dan mohon bersabar karena dipastikan akan tertampung semuanya di gedung yang baru di Jalan Mesjid. “Apalagi, perhatian Bapak Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin , S Msi . MHum terhadap para pedagang sangat besar dan serius .Jadi sekali lagi kita meminta para pedagang untuk bersabar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Medan Hasyim SE meminta Pemko Medan untuk tidak menunda-nunda pembangunan Pasar Aksara pascaterbakar yang akhirnya menyengsarakan nasib pedagang.

Hal itu dikatakan Hasyim usai menerima audensi sejumlah pengurus Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara (P3TSU) di ruang kerjanya pada hari, Selasa 8 Oktober 2019 kemarin. ***

[OB2]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *