Live Streaming Move Radio Bahas Kemudahan Pengurus Izin Usaha di DPMPTSP Kota Medan

  • Whatsapp

OBROLANBISNIS.com — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan dan Sumatera Utara memberikan kemudahan perizinan bagi pelaku usaha dan pemula Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan. Syaratnya pun sangat simple. Cukup e-KTP, email dan pas photo.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan, Ir Qamarul Fattah untuk menjawab pertanyaan pendengar Move Radio Online yang disiarkan secara live streaming dalam program Dimensi Kota, Selasa (26/11/2019).

Bacaan Lainnya

Secara ringkas Kadis DPMPTSP menjabarkan, bahwa pelaku UMKM jangan khawatir untuk mengurus perizinan di DPMPTSP Kota Medan. “Kita akan memberi perbantuan perizinan kepada UMKM pemula secara cepat dan mudah. Namun, pelaku usaha itu harus memenuhi berbagai persyaratan. Diantaranya, pelaku usaha itu harus memiliki elektronik KTP, kemudian punya email dan melengkapi pas photo,” katanya.

Persyaratan mudah itu diperuntukan bagi pemula UMKM yang bermodal Rp 50 juta ke bawah dengan omset dibawah RP 300 juta. “Data tersebut akan dibantu dimasukkan ke OSS (online system submition). Dan pendaftarannya tidak dipungut biaya alias gratis,” bebernya untuk pendengar Move Radio Online.

Jika pelaku UMKM itu bermodalkan lebih dari Rp 50 juta dengan omset diatas Rp 300 juta, maka persyaratan lebih lengkapnya untuk dilaporkan secara langsung kepada DPMPTSP Kota Medan untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Untuk memudahkan pelaku UMKM pemula mengurus izin tersebut, DPMPTSP Kota Medan menghadirkan program Kamis Ceria, khusus melayani pelaku usaha yang baru saja memulai usaha.

Qamarul Fattah mengimbau, agar para pelaku usaha baik mikro maupun menengah ke atas untuk segera menguruskan izin ke DPMPTSP. “Manfaat mengurus izin tersebut sangat banyak, yakni usaha akan menjadi legal, munculnya kepercayaan publik terhadap usaha itu dan juga akan memudahkan pelaku usaha untuk memperoleh kepercayaan dari perbankan jika mengurus pembiayaan pinjaman,” sebutnya.

Sementara itu, Desni Maharani Saragih mewakili DPMPTSP Provinsi Sumut mengungkapkan, Gubernur berkomitmen untuk mendatangkan para investor untuk menanamkan modal ke Sumut, dengan memberikan kemudahan dan kecepatan perizinan usaha secara terintegrasi melalui OSS.

“Sesuai intruksi Presiden dan juga Gubernur Sumut, prihal memberikan kemudahan proses perizinan usaha menjadi prioritas utama. Kita (pemerintah provinsi) mendorong DPMPTSP Kabupaten/Kota agar memberikan perbantuan pelayanan terbaik kepada pelaku usaha yang akan mengurus perizinan,” jelasnya.

Zaki Yusuf, CEO Move Radio Online mengatakan, program Dimensi Kota disiarkan secara live streaming online melalui laman moveradioonline.com dan dirilis media partner dari kliksumut.com, obrolanbisnis.com dan medanheadlines.com bersama rilay 3 radio dalam Khusus program Dimensi Kota kali ini akan mengupas persoalan perizinan di DPMPTSP Kota Medan.

Pembahasan seputar perizinan DPMPTSP akan dikupas selama tiga hari bersama Move Radio. Pada 26 November akan membahas Sosialisasi Layanan DPMPTSP, di tanggal 27 November mengupas Layanan Perizinan Melalui OSS dan pada 28 November akan mengungkap Layanan Perizinan Non OSS.

“Masyarakat Kota Medan dapat bertanya langsung kepada DPMPTSP melalui Move Radio, terkait persoalan perizinan usaha, yang kita diharapkan dapat memberikan pencerahan informasi yang dibutuhkan masyarakat,” ucapnya. ***

[OB1]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *