Telkomsel Bersama AWS Angkat Isu Bagaimana Bisnis Bertahan di Era Digital?

OBROLANBISNIS.com — Telkomsel bekerjasama dengan Amazon Web Service (AWS) menggelar seminar tentang tantangan berwirausaha di era digital dengan tema “Bagaimana Bisnis Bertahan di Era Digital?”

Kegiatan yang digelar di Graha Merah Putih Medan ini menghadirkan pembicara Teritoty Lead Amazon Anthony Amni, Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dan Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Erwin Tanjung. Peserta kegiatan ini merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Sumatera Utara.

Perkembangan teknologi komunikasi begitu pesat dan telah memasuki era 4.0 atau digitalisasi. Beragam pelayanan dan hiburan mulai teralihkan ke dunia digital, termasuk juga lifestyle masyarakat yang sudah mengarah pada digital lifestyle.

Dalam dunia digital, perubahan ini disebut dengan disrupsi. Sebagai perusahaan telekomunikasi yang paling Indonesia, Telkomsel memfasillitasi kegiatan ini dalam rangka berbagi pengalaman kepada pelaku usaha untuk memperkuatan ekosistem digital agar tidak terdistrupsi.

Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan, Telkomsel telah mempersiapkan ekosistem digital untuk memperluas layanan kepada pelanggan, baik perorangan maupun corporate, dalam menghadapi era 4.0.

“Telkomsel terus bertekad menjadi pemimpin dalam bisnis nirkabel dan digital dengan menghadirkan berbagai revolusi Industri untuk memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang. Telkomsel juga telah mengenalkan telkonologi 5G yang pertama tahun lalu saat ASEAN Games,” katanya.

Tantangan bagi pelaku UKM di Indonesia adalah digitalisasi, sebagai pananda era 4.0 ini. Telkomsel sangat menyadari pentingnya berbagi pengalaman dengan pelaku UKM guna mempersiapkan kematangan dalam persaingan era digital sehingga kegiatan literasi digital menjadi bagian agenda kerja penting untuk mendukung program pemerintah menuju industri 4.0.

Dengan jaringan luas yang dimiliki Telkomsel, pelaku UKM akan lebih mudah terhubung dengan pelaku UKM daerah-daerah lain atau memperluas jangkauan komsumennya. Di era 4.0, tantangan bagi pelaku usaha bukan hanya persaingan konvensional, melaikan telah hadir persaingan global yang melalui e-commerce.

Selain itu, hal yang penting untuk menguatkan dunia digital ialah keberadaan perangkat pendukung, seperti cloud dan aplikasi tambahan lainnya. Kebutuhan tersebut harus dipilih menggunakan bidang layanan jasa yang telah berpengalaman sebab tidak sedikit juga yang menyalahgunakan teknologi digital.

Bagi Telkomsel, keamanan dan kenyamanan setiap pelanggan adalah hal utama yang terus dijaga sebab itu adalah bentuk kepercayaan.

Telkomsel sengaja menggandeng AWS untuk menambah literasi digital pelaku UKM di Sumatera Utara. AWS telah cukup berpengalaman dalam melayani pelanggannya menghadapi dunia digital melalui cloud computing atau cloud platform yang dimiliki.

Dengan pengenalan manfaat dan fungsi-fungsi cloud dalam bagi pelaku UKM di Sumatera Utara, diharapkan akan semakin menggairahkan pelaku UKM dalam menghadapi era 4.0 ini.

“Adalah misi dari Amazon Web Services untuk mendukung Indonesia memasuki era Industry 4.0. Kami juga bekerja sama dengan Kementrian Ketanagakerjaan dalam melatih tenaga kerja yang cloud computing-ready,” kata Teritoty Lead Amazon, Anthony Amni. ***

[rel/OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market