DPMPTSP: Kelengkapan dan Kebenaran Data Mempermudah Urus Izin

OBROLANBISNIS.com — Untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan yang terbaik kepada para pelaku usaha, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan terus membenah diri.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan, Ir Qamarul Fattah untuk menjawab pertanyaan pendengar Move Radio Online yang disiarkan secara live dalam program Dimensi Kota, Kamis (28/11/2019).

“Sebagaimana DPMPTSP Kota Medan selalu memberikan layanan dalam pengurusan perizinan melalui OSS ataupun non OSS, agar PP No 24 tahun 2018 pasal 1 ayat 4 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik bisa terus berjalan,” jelasnya kepada para pendengar.

Qamarul Fattah juga menjelaskan, dalam pengurusan perizinan harus disiapkan perlengkapannya dan kebenaran data yang diberikan. “Kelengkapan dan kebenaran data sangat penting diberikan kepada DPMPTSP untuk pengurusan, tanpa ada kebenaran dan kelengkapan maka akan menjadi kelambatan dalam pengurusan,” ungkapnya.

Bahkan dalam perizinan di sektor kesehatan, dilakukan secara non OSS seperti perizinan seperti Rumah Sakit tipe C dan D, Klinik, Optik dan lain-lain yang diberikan pelimpahan wewenang yang sesuai Peraturan Menteri.

“Perizinan sektor kesehatan tetap dilakukan di DPMPTSP, namun untuk teknisnya tetap berkordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Balai POM terkait,” ucapnya lagi.

Sementara itu, untuk pengurusan perizinan di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan, Ashadi Cahyadi Lubis, Kepala Bidang Penataan dan Lingkungan menjelaskan bahwa PKPPR Kota Medan akan terus memberikan pelayanan pengurusan IMB dengan cara program Patrol Taru (Pantau dan Kontrol Penataan Ruang).

“PKPPR mempunyai program Patrol Taru, nah masyarakat bisa mengikuti programnya, bagaimana cara mengurusnya hingga melakukan pengaduan,” sebut Ashadi.

Ashadi juga menghimbau kepada masyarakat kota Medan, bila melakukan pengurusan perizinan, diharapkan melakukan secara langsung.

“Lakukanlah sendiri, jangan menggunakan calo atau oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dalam menjalankan perizinan yang diinginkan,” tambahnya.

Tambah lagi, dalam talk show dengan host Move Radio Online Zaki Yusuf dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Pahmi Harahap juga menjelaskan, setiap bidang usaha atau pelaku usaha harus mempunyai kajian diseputar usahanya.

“Setiap usaha atau pelaku usaha harus mempunyai kajian dalam lingkungannya di sekitar kegiatan usahanya,” jelasnya Pahmi. ***

[rel/OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market