Bank Mandiri Jamin Kelancaran Transaksi Nasabah Saat Natal dan Tahun Baru

OBROLANBISNIS.com — Dalam rangka mengantisipasi kebutuhan uang tunai masyarakat menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020 Bank Mandiri Region 1/Sumatera yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau menyiapkan uang tunai sebesar Rp 3,3 Triliun atau sekitar Rp 254,3 miliar/hari. Antisipasi tersebut akan diberlakukan selama 13 hari mulai tanggal 21 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020.

Menurut Regional Operations Head Bank Mandiri Region l/Sumatera 1, Sri Hargono, alokasi dana tunai tersebut meningkat sekitar 10% dari periode yang sama pada tahun yang lalu. Dari nilai tersebut, sebesar Rp 1,4 triliun atau 45% akan didistribusikan di Provinsi Sumatera Utara, sementara 55% lainnya akan didistribusikan ke kota-kota besar di luar Provinsi Sumatera Utara seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Batam dan Dumai.

“Diharapkan antisipasi ini dapat membantu memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat dalam merayakan libur Natal dan tahun baru 2020,” sebut Hargono.

Demi meningkatkan layanan atas kebutuhan akan uang pecahan baru dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2020, Hargono menyampaikan, Bank Mandiri bekerjasama dengan Bank Indonesia telah melayani penukaran uang baru dengan menggunakan Mandiri Mobile (Mama) di Pasar Halat sejak tanggai 5, 12 dan 23 Desember 2019.

Selain itu, cabang-cabang Bank Mandiri juga telah ditunjuk untuk melayani penukaran uang pecahan baru di cabang Medan Balaikota, Medan Letda Sujono, Medan Maimun dan Medan Setiabudi, masing-masing pada tanggal 17 – 19 Desember 2019.

Saat ini, lanjut Hargono, Bank Mandiri Region I/Sumatera memiliki 1.575 ATM dari total 18.291 ATM di seluruh Indonesia yang terhubung dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai maupun non tunai.

Untuk mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur Natal dan Tahun Baru, maka sejak tanggal 9 sampai dengan 31 Desember 2019, Bank Mandiri akan melakukan optimalisasi limit pengisian ATM. Langkah ini akan dilengkapi dengan penerapan system monitoring kecukupan uang dan operasionai mesin ATM agar dapat terus memenuhi kebutuuhan masyarakat.

“Untuk menjamin kelancaran belanja nasabah Bank Mandiri telah memiliki 267.875 mesin Electronic Data Capture (EDC) yang tersebar di 223.261 merchant yang bekerjasama dengan Bank Mandiri, dan dari jumlah tersebut sebanyak 25.061 mesin EDC di 21.737 merchant kerjasama merupakan kelolaan Region l/Sumatera,” kata Hargono didampingi para petinggi Bank Mandiri Region I/Sumatera diantaranya Miduk Sianturi, Ardizon, Ary Bramon dan Humas Henry Tampubolon, Rabu (18/12/2019).

Jumlah ini meningkat sebesar 11,76 % dibanding periode yang sama tahun 2018. Untuk antisipasi mudik jalan tol telah dilakukan dengan menyiapkan 24 unit mesin EDC yang siap menampung transaksi kartu debit dan top up e-money serta 4 mesin top up tunai bagi pengguna jalan tol yang tidak memiliki rekening Bank Mandiri.

Di samping jaringan ATM dan EDC, Bank Mandiri juga telah menyiapkan jaringan elektronic banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan.

Kata Hargono, untuk mendukung gerakan non tunai, nasabah dan masyarakat diharapkan mulai membiasakan diri untuk menggunakan transaksi non-tunai atau cashless melalui Mandiri Online, Mandiri Internet, Debet Mandiri, Kartu Kredit Mandiri untuk pembayaran, transfer, pindah buku dan lain sebagainya.

Ia juga menambahkan, seluruh Iayanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman berupa informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, atau pembelian isi ulang pulsa.

Khusus pada libur bersama tanggal 24 Desember 2019 dan hari Natal tanggal 25 Desember 2019, Bank Mandiri akan mengoperasikan sebanyak 206 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan secara terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina.

Sedangkan pada musim libur Tahun Baru, sebanyak 414 kantor cabang akan dioperasikan di seluruh Indonesia dengan perincian, 324 cabang pada 31 Desember dan 90 cabang pada 1 Januari 2020. Adapun informasi terkait kantor cabang yang beroperasi pada 24, 25, 31 Desember 2019 dan 1 Januari 2020 dapat diakses melalui http://bankmandiri.co.id maupun pusat informasi di cabang-cabang Bank Mandiri terdekat. ***

[OB1]

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market