Pegadaian Dukung Percepatan Pengembangan 10 Desa Wisata di Danau Toba

OBROLANBISNIS.com – PT Pegadaian (Persero) memberikan bantuan dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana kebersihan dalam rangka mendukung percepatan Pengembangan 10 Desa Wisata di Kawasan Danau Toba, di Balai Data Kantor Bupati Toba, (10/7/2020).

Penyerahan penyediaan sarana dan prasarana kebersihan ini turut disaksikan melalui virtual dari Jakarta – Medan – Kantor Bupati Toba – Desa Sigapiton Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba yang langsung diikuti oleh Menko Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Dirut PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto, Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, Bupati Toba Darwin Siagian dan Forkopimda Kabupaten Toba, diantaranya Kajari Toba Samosir Robinson Sitorus, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, Sekdakab Toba Audy Murphy Sitorus dan lainnya.

Adapun dukungan yang diberikan PT Pegadaian (Persero) berupa 100 tong sampah tiga pilah di Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba. Secara simbolis 10 Kepala Desa yang berada di Kawasan Danau Toba menerima masing-masing 1 unit tong sampah, dimana rencananya pada bulan Agustus mendatang akan diserahkan 90 unit tong sampah tiga pilah.

Kuswiyoto menjelaskan, kepedulian PT Pegadaian (Persero) melalui program bina lingkungan turut serta dalam mendukung Program Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah 2025.

Hal ini terwujud dengan telah dibangunnya Bank Sampah Tigaras di Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun pada 29 Februari 2020, diresmikan secara langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong.

Sarana dan prasarana yang telah diserahterimakan kepada Ketua Bank Sampah Tigaras Jainson Sitindaon berupa bangunan bank sampah, mesin pencacah sampah, betor pengangkut sampah, meja, kursi, timbangan, perlengkapan komputer, printer, dispenser dan 500 buku tabungan bank sampah yang nantinya diperuntukkan kepada masyarakat yang telah menukarkan sampahnya menjadi saldo gram emas, tambah Kuswiyoto

Sementara Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan secara virtual menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PT Pegadaian (Persero) yang telah berkontribusi melalui Program Memilah Sampah Menabung Emas dan Penyediaan Fasilitas Tempat Sampah, merupakan terobosan baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat guna mensukseskan percepatan pengembangan 10 Desa Wisata di Kawasan Danau Toba dan menuju Indonesia Bersih 2025.

“Saya berharap semua fasilitas itu dapat dipelihara dan dirawat secara sistematis guna dapat dimanfaatkan karena kebersihan menjadi salah satu kunci penting dalam pariwisata,” ujar Luhut.

Turut hadir dan menyaksikan secara virtual di Balai Data Kantor Bupati Toba, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan Edwin Soeharto Inkiriwang didampingi Kepala Departemen Bisnis Support Anggiat Aritonang, sekaligus penyerahan 10 tong sampah tiga pilih oleh Kepala Bagian PKBL Pegadaian Kanwil Medan Nurul Asniar kepada 10 Kepala Desa yang berada di Kawasan Danau Toba.

Terkait ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai Geopark Kaldera Toba oleh UNESCO, kata Menparekraf, akan menambah nilai jual destinasi kawasan Danau Toba.

Atas penetapan ini, akan cukup membantu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menjual destinasi ini. “Akan semakin banyak pengunjung dan peminatnya yang akan datang ke Danau Toba,” sebut Wishnutama. ***

[rel/OB1]

 

#pegadaian #danautoba #banksampah

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market