ShopeePay Dorong UMKM Pulihkan Bisnis dari Dampak Pandemi

OBROLANBISNIS.com – ShopeePay turut mendukung keberlangsungan UMKM di Indonesia melalui penerapan transaksi digital tidak hanya secara online melalui aplikasi Shopee, melainkan juga offline, guna mendukung pemulihan atas keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia, khususnya di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini.

Tidak hanya itu, peran dan fungsi perusahaan berbasis teknologi juga penting untuk disinergikan dengan instansi pendukung, agar turut memberdayakan dan mendorong bisnis UMKM secara digital.

Tidak hanya melalui proses digitalisasi, ShopeePay juga mendorong bisnis UMKM Indonesia melalui berbagai penawaran menarik yang dapat dinikmati oleh pengguna ShopeePay di seluruh Indonesia.

Marketing Manager ShopeePay, Cindy Candiawan menjelaskan, di tengah masa pandemi ini, ShopeePay sebagai fitur uang elektronik terintegrasi di Indonesia, tentu ingin berperan aktif dalam mendukung keberlangsungan ekonomi di Indonesia.

“Kami senantiasa berupaya dalam mengoptimalisasikan penerapan sistem digitalisasi UMKM, baik secara online yang terintegrasi dengan aplikasi Shopee, maupun secara offline dengan mendukung para merchant kami untuk mengembangkan bisnisnya dan menjangkau lebih banyak orang dengan berbagai promo menarik yang disediakan oleh ShopeePay. Di sisi lain, para pengguna juga bisa menikmati promo menarik dengan memanfaatkan platform digital yang aman dan nyaman,” katanya.

Saat ini, Indonesia memiliki sekitar 64 juta UMKM yang memiliki peran besar dalam pergerakan roda ekonomi negara. Namun, hanya sekitar 13% UMKM yang memiliki platform penjualan daring. Karena itu, pemerintah Indonesia turut menghimbau UMKM untuk go digital agar bisa tetap bertahan dan berkembang di tengah pandemi ini.

Sinergi antara Shopee dan ShopeePay untuk keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia, diinisiasi melalui program SME Go-Online yang telah diimplementasikan ke UMKM binaan Shopee untuk penerapan bisnis secara digital, termasuk sistem pembayaran non-tunai atas transaksi produk-produk lokal karya UMKM yang ada di aplikasi Shopee dan di ribuan merchant offline UMKM rekanan ShopeePay.

Bentuk dukungan UMKM yang dihadirkan adalah sebagai berikut:

  • Dukung bisnis UMKM secara digital di beberapa merchant offline rekanan ShopeePay: Para pengguna berkesempatan untuk mendapatkan promo cashback sampai dengan 60% yang bisa dinikmati secara langsung di outlet merchant offline maupun melalui voucher cashback yang bisa didapat di aplikasi Shopee guna meningkatkan transaksi di mitra merchant UMKM.
  • Promo menarik di berbagai kampanye Shopee dan ShopeePay: Dukungan terhadap transaksi penjualan UMKM yang dihadirkan melalui berbagai penawaran menarik seperti cashback dan voucher gratis ongkos kirim di berbagai kampanye Shopee, seperti contoh pada puncak kampanye 8.8 Mid Year Sale, menggunakan metode pembayaran ShopeePay.
  • Menyediakan sarana kemudahan transaksi non-tunai atas produk lokal berstandar global: Pengguna berkesempatan untuk mendapatkan produk-produk lokal berkualitas global di kanal khusus karya UMKM, Kreasi Nusantara yang terdapat di aplikasi Shopee, dengan kemudahan transaksi digital melalui metode pembayaran ShopeePay. Hal ini sejalan dengan antusiasme pemerintah dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang bertujuan untuk mendorong keberlangsungan bisnis mikro dalam masa pandemi.


Sesuai dengan anjuran kebijakan Bank Indonesia atas penerapan transaksi digital, ShopeePay mendukung keberlangsungan bisnis UMKM melalui beberapa alternatif pilihan fitur yang dihadirkan ShopeePay sebagai berikut:

  • Fitur Scan QR Code untuk setiap transaksi belanja di merchant offline: Kemudahan bertransaksi digital secara efektif dan aman melalui scan QR Code ShopeePay yang sudah terintegrasi dengan 3.7 juta merchant QR Indonesia Standard (QRIS), dengan lebih dari 2.5 juta merupakan pelaku usaha mikro, sesuai dengan antusiasme dari anjuran kebijakan yang dikeluarkan dan diapresiasi oleh Bank Indonesia.
  • Metode pembayaran ShopeePay untuk setiap transaksi belanja online: Pengguna dapat melakukan transaksi digital melalui alternatif pembayaran ShopeePay saat berbelanja di aplikasi Shopee.
  • Program ekspedisi efektif untuk setiap transaksi pengiriman barang: ShopeePay turut mendukung keberlangsungan bisnis UMKM melalui penyediaan layanan ekspedisi efektif dengan penawaran menarik di 7.000 outlet offline JNE.
  • Pengisian saldo yang nyaman, mudah, dan bebas biaya: Saldo ShopeePay dapat secara mudah diisi ulang melalui berbagai pilihan metode pembayaran secara bebas biaya tambahan, diantaranya adalah melalui transfer bank/online banking dan melalui minimarket. Melalui ShopeePay, pengguna dapat melakukan pembayaran secara non-tunai, melakukan pengisian saldo, hingga mentransfer dan menarik dana.
  • Pembayaran digital yang aman: Keamanan dan privasi data adalah prioritas kami. ShopeePay menerapkan keamanan berlapis yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan berstandar global untuk menjaga para pengguna dan memastikan pengalaman pengguna yang terbaik dengan fitur seperti OTP, PIN, dan notifikasi. 


“Kami berharap melalui upaya membantu pemberdayaan UMKM Indonesia dengan penerapan literasi digital yang efektif, dapat turut berperan aktif dalam memulihkan perputaran roda ekonomi negara kedepannya,” ujar Cindy Candiawan.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan aktifkan ShopeePay. ***

[rel/OB1]

 

#shopee #umkm #pandemi

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market