UKM JBM Wacanakan Tanam Pohon ‘Obat’ Pencegah Covid di Lokasi TMMD Kodim 0201/BS

OBROLANBISNIS.com – UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) mewacanakan akan melakukan bibit pohon ‘obat’ pencegah virus Covid-19 di lokasi kegiatan TMMD ke 109 Kodim 0201/BS. Wacana itu disambut hangat Kodim 0201/BS.
Rencananya, UKM Jurnalis Bina Mandiri akan melakukan penanaman pohon Euchalyptus, yang sudah diteliti sebagai obat penangkal virus mematikan Corona, pada Rabu, 21 Oktober 2020, di Kelurahan Tanah 600 Kecamatan Medan Marelan Kota Medan.

Founder UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM), Fakhruddin mengemukakan, saat ini sejumlah negara, khususnya di Indonesia masih dilanda pandemi virus corona (Covid-19).

Namun, seiring waktu berjalan ternyata virus corona bisa dilawan oleh minyak Atsiri yang bahan bakunya berasal dari tanaman Pohon Euchalyptus, dimana tanaman itu dibudidayakan oleh perusahaan Toba Pulp Lestari di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

INFO BISNIS


Di sisi lain, Kocu panggilan akrab Fakhruddin menuturkan, pihak Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) RI juga telah mematenkan tiga produk antivirus Corona berbasis tanaman Atsiri atau Euchalyptus tersebut.

Bahkan, dari berbagai jenis tanaman yang diuji, tanaman Euchalyptus atau minyak Atsiri memiliki kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol) yang dianggap paling berdampak menekan pertumbuhan berbagai jenis virus, termasuk virus Corona.

Berdasarkan uji laboratorium Balitbang, minyak dari tanaman Eucalyptus mampu membunuh virus influenza, virus beta dan gamma corona dalam skala 80-100%. “Bahwa minyak Atsiri (eucalyptus) punya potensi sangat besar, untuk menekan atau membunuh virus Corona,” ungkap Kocu.

INFO BISNIS

Terkait hal tersebut, Fakhruddin yang didampingi Sekretaris M Harizal SH, kepada wartawan menyebutkan, pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 ini, UKM Jurnalis Bina Mandiri Medan, akan menyerahkan Hand Sanitizer dengan aroma minyak Atsiri Eucalyptus, hasil kerjasama antara pihak TPL dengan IPTEKs USU, kepada Kodim 0201/BS yang sedang melaksanakan TMMD Tahun 2020.

“Penyerahan 100 botol Hand Sanitizer aroma Eucalyptus, dan sekaligus penanaman bibit Pohon Eucalyptus dikawasan Medan Belawan, yang dijadwalkan dimulai pada pukul 14.00 WIB,” sebut Harizal.

Dijadwalkan pejabat yang akan melakukan penanaman Eucalyptus bersama UKM Jurnalis Medan, diantaranya Aster Kasdam I/BB, Kazidam I/BB, Kakesdam I/BB, Danlanud Soewondo, Kapolres Belawan, Danyon Marhanlan, Danyon Satuan BS, Pjs. Walikota, Ketua DPRD Medan, dan Ka BPBD Medan serta Camat Medan Marelan.

INFO BISNIS

Penanaman bibit pohon Eucalyptus tersebut akan dilakukan sekaligus pada acara penutupan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2020, yang dilaksanakan Kodim 0201/BS di wilayah Medan Labuhan dan Medan Belawan.

Tujuan penanaman bibit pohon tersebut, dimaksudkan tanaman penghijauan di kawasan Medan Belawan, yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. ***

[OB1]

#euchalyptus #tpl #infobisnis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market