Produk UMKM Binaan TPL Rambah Pasar Shopee

OBROLANBISNIS.com – Sejumlah produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) yang berada di kawasan Tapanuli, mulai merambah pasar digital melalui platform e-commerce Shopee untuk dipasarkan ke seluruh penjuru nusantara.

Community Development (CSR) Manager TPL, Ramida Siringoringo mengatakan, di masa pandemik Covid-19 TPL kembali mengadakan Web Seminar (Webinar) lanjutan, 15 Desember 2020, bersama dengan Shopee dan para pelaku UMKM lokal, khususnya Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir dan Humbahas Provinsi Sumut.

“Webinar kali ini kita arahkan para pelaku usaha UMKM binaan TPL, sudah dapat melakukan aktivasi dan penjualan dengan sistem digital. Produk UMKM binaan TPL seperti madu, keripik pisang toba, bubuk masakan andaliman, sudah dapat dipesan melalui akun shopee untuk seluruh Indonesia,” kata Ramida, Kamis, 17 Desember 2020, di Pondok Bina Tani TPL di Parmaksian.

 

Pandemi Covid-19 memang memberi dampak yang besar dan mempengaruhi ekonomi dan pendapat masyarakat, terutama bagi pelaku bisnis baik itu lingkup besar maupun kecil.

Ramida Siringoringo mengatakan, pemasaran produk UMKM secara digital adalah jawaban atas permasalahan yang terjadi saat ini.

INFO BISNIS

Pegadaian Makin Kinclong Di Masa Pandemi

Saat ini, menurut Ramida, pihaknya (TPL) terus berkomitmen untuk dapat hadir memberikan kontribusi, serta mendukung pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi sosial, khususnya para pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan perusahaan, sekaligus mendukung program ‘Aku Cinta Produk Indonesia’.

“Besar harapan kita program ini dapat berjalan dan membantu penjualan para UMKM di Tapanuli dan khususnya yang termasuk dalam Binaan TPL. Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak terkhusus shopee, yang telah membuka jaringan marketing digital untuk para UMKM lokal dalam pemasaran produk mereka,” harap Ramida Siringoringo.

 

Ketua Asosiasi UMKM Kabupaten Toba, Marandus Sirait mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan dan program, marketing digital produk UMKM ini.

Melalui asosisasi Marandus Sirait mengajak para pelaku UMKM ikut serta mendukung pengembangan produk, yang dihasilkan dari kawasan Danau Toba.

Marandus Sirait juga sangat yakin dengan berkembangnya produk lokal UMKM di wilayah Tapanuli akan mempengaruhi perkembangan destinasi wisata Danau Toba, sebagai Geopark Kaldera Toba yang telah ditunjuk oleh orgnaisasi dunia Unesco.

INFO BISNIS

Toba Pulp Raih 3 Platinum Awards Di Ajang ICA 2020

“Saya mengajak kepada seluruh pelaku UMKM diwilayah Tapanuli bersama-sama mendukung program pemasaran produk melalui digital dan online, sehingga dapat memberikan nilai positif dalam perkembangan pariwisata Danau Toba,” kata Marandus yang sudah berhasil memasarkan produk Andaliman dan Madu Taman Eden di akun Shopee.

Webinar produk ‘Aku Cinta Indonesia’ antara TPL, UMKM Binaan TPL, dan Shopee ini dihadiri narasumber dari bidang kesehatan dr Marulam Panggabean SpPD-KKV SpJP (Dokter Spesialis Penyakit Dalam) biacara soal bahaya Covid-19, Dr Nurmala Kartini Panjaitan Sjahrir motivator dan pemerhati UMKM Indonesia, moderator acara oleh Dr Amanda Katili Manager The Climate Reality Project Indonesia, Bagus Wardhana & Khoiruddin dari Shoppee penjualan digital di Indonesia. ***

 

[rel/OB1]

#tpl #umkm #infobisnis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market