Sumut Tuan Rumah Kongres Nasional II – IHGMA

  • Whatsapp
Sumut Tuan Rumah Kongres Nasional II - IHGMA

Gercep – Geber – Gaspol Bangkitkan Sektor Pariwisata

OBROLANBISNIS.com – Badai pandemi COVlD-19 yang sudah berlangsung hampir satu tahun sudah menghantam seluruh sektor kehidupan dunia. Termasuk sektor pariwisata yang terparah ‘terpukul’ pandemi.

 

Bacaan Lainnya


Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kebudayaan & Pariwisata dan juga Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata berupaya melakukan langkah-langkah untuk secara bersama-sama kembali bangkit.

 



Pariwisata di segala sektor terutama menyampaikan informasi tentang kesiapan seluruh usaha pariwisata dan destinasi wisata, baik object wisata, hotel, restaurant, cafe, transportasi wisata menjalankan standarisasi protokol kesehatan yang cukup ketat dan sesuai arahan, seperti ketentuan yang sudah diatur didalam sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability).

Seluruh stakeholder pariwisata Iainnya juga diajak untuk memberikan konsep, ide, masukan dan juga saran termasuk asosiasi kepariwisataan.

IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association), salah satu asosiasi profesi kepariwisataan juga ikut ambil andil untuk menggerakkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Utara dengan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Kongres Nasional II – IHGMA yang akan berlangsung pada 18-20 Juni 2021.

INFO BISNIS

Jangan Ragu Ke Danau Toba

Pelaksanaan Kongres Nasional ll yang akan berlangsung di Parapat-Danau Toba ini dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Daerah IHGMA Sumatera Utara setelah sebelumnya berhasil unggul dalam penentuan lokasi kegiatan dari alternatif lokasi Iainnya, yaitu Bali dan Lombok.

Kongres Nasional IHGMA 2021

Kegiatan Kongres Nasional II – HGMA ini diharapkan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang juga dihadiri langsung oleh Ketua DPP IHGMA Bapak Arya Pering Arimbawa beserta seluruh pengurus IHGMA Pusat dan Daerah.


Kegiatan Kongres Nasional ll – IHGMA ini direncanakan akan diikuti oleh 24 DPD dari seluruh Indonesia dan diperkirakan hadir 150-200 orang peserta kongres dan juga peninjau.

 

Kegiatan berlangsung selama 3 hari dimulai dari kedatangan peserta di Bandara Kualanamu, makan malam penyambutan para peserta oleh Pejabat Pusat dan Daerah, dilanjutkan dengan pelaksanaan Kongres Nasional sehari penuh dan esok harinya seluruh peserta akan diajak untuk melihat lebih dekat pesona wisata alam dan wisata budaya Danau Toba dan Pulau Samosir.

Ketua DPD IHGMA Sumatera Utara, Achmad Zulham menyampaikan, kegiatan ini mengambil tema ‘Bersama Bergerak Cepat untuk Pulih & Bangkitnya Sektor Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia’ sebagai momentum untuk menjawab tantangan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, yaitu GERCEP (gerak cepat), GEBER (gerak bersama) dan GASPOL (garap semua potensi lapangan kerja).

Achmad Zulham juga menyampaikan pentingnya sinergi seluruh stakeholder kepariwisataan di Sumatera Utara untuk mendukung pelaksanaan kegiatan nasional ini, agar para peserta kongres sebagai perwakilan daerah dari seluruh Indonesia dapat menyampaikan kesiapan Sumatera Utara untuk menyambut kembali para wisatawan dengan nyaman dan aman tentu dengan penerapan standar protokol kesehatan (prokes).

Kongres Nasional ll ini berbeda dengan pelaksanaan kongres nasional pada umumnya, Iokasi kongres kali ini mengambil lokasi outdoor dengan Iatar belakang Danau Toba membuat seluruh peserta dapat menikmati alam dari pagi hingga sore hari dengan pesona alam Danau Toba yang tiada bandingnya.

Sejalan dengan penerapan protokol kesehatan Iokasi ini juga cukup sesuai dengan sirkulasi udara yang segar tidak seperti di dalam ruangan dengan pemakaian alat pendingin ruangan.

 



Pusat kegiatan Kongres Nasional ll — IHGMA ini di Hotel Niagara Parapat, di lokasi kegiatan juga akan disediakan area khusus untuk pameran, dikhususkan untuk bidang usaha ekonomi kreatif pariwisata mandiri atau binaan dari pemerintah pusat, provinsi atau kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Berbagai jenis usaha UMKM akan ikutserta Kuliner, Souvenir, Handcraft, oleh-oleh khas Sumatera Utara, hasil bumi dan produk fashion. Sebuah kesempatan untuk lebih memperluas pemasaran dan membuka koneksi bisnis baru di jaringan Kongres Nasional ll – IHGMA juga akan mengundang Seller & Buyer untuk bertemu dalam kegiatan table top di lokasi yang sama, yaitu di Parapat atau Pulau Samosir.

DPD IHGMA Sumatera Utara sangat berharap, kegiatan table top ini akan diikuti oleh para Seller terbaik dari Sumatera Utara dengan penawaran terbaik yang nantinya akan kembali menjadi pilihan utama para wisatawan domestik paling tidak sebelum wisatawan mancanegara kembali dapat berkunjung ke lndonesia. ***

 

[OB1]

#ihgma #pariwisata #danautoba #infobisnis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *