Batetangnga Dari Desa Rawa Menuju Mancanegara

Batetangnga Dari Desa Rawa Menuju Mancanegara

Batetangnga Dari Desa Rawa Menuju Mancanegara | OBROLANBISNIS.com — Sebanyak empat pejabat eselon II lingkup Pemkab Bone, tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) 2 angkatan VII. Mereka masing-masing, HA Asman Sulaeman, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Ade Fariq Ashar, Kepala Bappeda Kabupaten Bone, Hj A Nurmalia, Kepala Balitbangda Kabupaten Bone dan A Akbar, Kepala Satpol PP.

Saat ini sudah masuk tahap visitasi atau kunjungan, berupa pengamatan lapangan. Khusus kelompok 1 yang diketuai HA Asman Sulaeman, ditugaskan untuk mengunjungi Desa Batetangnga Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulbar, Rabu, 27 April 2021.

Desa ini adalah salah satu desa yang di nobatkan sebagai desa bersinar, desa yang bebas dari Narkoba.

Kadis Ketahanan Pangan, HA Asman Sulaeman mengatakan, maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meneropong potensi desa baik berupa potensi wisata alam, sosial budaya, ekonomi dan adat istiadat masyarakat setempat.

Desa Batetangnga kata Asman, adalah desa yang terletak di kaki bukit, dan memiliki sungai jernih yang di beri nama sungai Batetangnga. Dengan luas wilayah 4350.00 Ha, dan jumlah penduduk kurang lebih 5273 jiwa dan 1288 kepala keluarga.

“Desa ini memiliki potensi yang sangat luar biasa, berupa beberapa lokasi wisata Alam yang sangat indah baik yang alami maupun buatan. Ada enam objek wisata alam yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar selain tentunya memiliki sungai, air terjun , hamparan sawah dan pemandangan pegunungan yang menyejukkan mata,” katanya.

Disamping wisata alam desa Batetangnga juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan yang sangat kesohor yakni durian kanang, langsat dan rambutan.

“Dan yang pasti desa ini juga memiliki adat budaya yang masih tetap terpelihara hingga kini. Jika ini dikembangkan sangat bisa menarik wisatawan mancanegara,” pungkasnya.

Rombongan diterima Kadis Pariwisata H Januari, Camat dan Sekcam Binuang, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta para pengelola destinasi wisata pedesaaan.

Turut hadir, pendamping dari LAN Mks kelompok 1, Suyono dan rombongan PKN sebanyak 60an orang terbagi 4 kelompok dan 2 Kabupaten yakni Polman dan Mamasa Rombongan ini di pimpin langsung Kepala Pusat Latbang Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar, DR Andi Taufik. ***


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *