Yuk Intip Tips Memulai Investasi

  • Whatsapp
Tips Memulai Investasi

Yuk Intip Tips Memulai Investasi | OBROLANBISNIS.com — Di zaman modern seperti saat ini minat masyarakat akan investasi mengalami peningkatan. Apalagi saat ini sudah ada banyak kemudahan yang menjadi jembatan untuk berinvestasi.

Disadur dari https://investbro.id/, berikut tips memulai investasi bagi anda yang tertarik untuk memulai investasi dan bisa memaksimalkannya.

Tips yang Harus Diperhatikan Saat Akan Memulai Investasi

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi, anda harus sudah tahu tujuan anda melakukan investasi. Apa yang ingin anda capai dengan berinvestasi akan membuat anda bersemangat sekaligus menentukan produk investasi yang tepat. Dengan tujuan, anda juga akan memiliki komitmen dan mimpi agar tujuan tersebut tercapai.

Bacaan Lainnya

 

 



Tanpa adanya tujuan, maka anda seakan mengendarai kendaraan tanpa tahu akan kemana. Apalagi masing masing dari produk investasi juga akan terlihat hasilnya dalam jangka waktu tertentu. Apakah investasi yang anda lakukan untuk biaya menikah, naik haji ataupun pendidikan tentu saja ada rentang waktunya. Untuk itu anda harus memikirkan tujuan ini masak masak.

2. Menghitung Biaya dan Jangka Waktu Untuk Tujuan Tersebut

Selanjutnya ketika anda sudah menentukan tujuan investasi, maka anda bisa menghitung kira kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Penghitungan ini juga harus memperhatikan berapa dana yang sudah anda miliki saat ini. Dengan begitu anda bisa menentukan jangka waktu investasi yang akan anda lakukan.

Tips memulai investasi ini terbilang penting, karena selain berkaitan dengan pemilihan platform anda juga akan mengetahui berapa yang harus disisihkan setiap bulannya. Anda tentu juga harus mempertimbangkan pendapatan bersih anda setiap bulannya. Dengan begitu akan memudahkan langkah dan mengatur strategi ke depannya.

 

3. Mengenali Profil Risiko

Calon investor harus mengetahui profil risiko yang tentunya akan berbeda setiap orangnya. Anda beberapa tipe yang  bisa anda ketahui, yang pertama konservatif, moderat dan juga Agresif. Untuk tipe yang pertama adalah tipe yang cenderung takut untuk berspekulasi. Sehingga tipe ini akan lebih memilih jenis investasi yang resikonya rendah.

Dimana umumnya investasi yang memiliki resiko rendah yang didapatkan juga akan hasil return yang rendah juga. Umumnya tipe konservatif adalah para pemula atau orang tua.

Jenis investasi yang biasanya akan diambil adalah Deposito, Reksadana pasar uang juga logam mulia. Sementara untuk tipe moderat akan lebih berani dibandingkan konservatif.

Dimana tipe ini tidak terlalu takut bermain di pasar yang fluktuatif agar mendapatkan keuntungan besar. Tetapi juga termasuk investor yang berhati hati. Tipe selanjutnya adalah agresif yang sangat berani dalam investasi demi mendapatkan return berlipat. Dengan mengetahui tipe tipe investor dalam tips memulai investasi anda akan mudah mengambil langkah selanjutnya.

 

 

4. Menentukan Platform dan Produk Investasi

Langkah yang tak kalah penting dalam memulai investasi adalah menentukan investasi apa yang akan anda ambil. Saat ini sudah ada banyak platform digital yang bisa anda manfaatkan, dengan begitu anda bisa berinvestasi kapan saja dan dimana saja. Pastikan anda memilih platform yang telah terdaftar dalam pengawasan OJK.

Begitu juga dengan produk yang akan anda pilih, harus sesuai dengan tujuan dan profil risiko yang anda miliki. Untuk anda yang membutuhkan investasi dalam jangka waktu panjang, deposito berjangka ataupun dana pensiun bisa jadi pilihan. Namun jika di bawah 5 tahun, reksadana bisa menjadi pilihan dan tentunya reksadana juga ada banyak jenisnya.

5. Memperkaya Pengetahuan Perihal Investasi

Hal yang tak kalah penting dalam tips memulai investasi adalah memperkaya pengetahuan anda. ada banyak investasi yang bisa anda pilih dan bisa menguntungkan di masa depan.

Jika ingin sukses dalam investasi maka sebaiknya jangan terjebak dalam satu jenis investasi saja. Apalagi jika anda ternyata memiliki tujuan dalam jangka waktu dekat.

 

INFO BISNIS

• 9 Kesalahan Investasi Reksadana

Salah satu jenis investasi yang membutuhkan banyak pengetahuan adalah saham. Produk satu ini memang memiliki keuntungan yang berkali kali lipat.

Namun ketika anjlok, kerugiannya juga sama besarnya. Maka dari itu dibutuhkan jam terbang tinggi jika anda ingin terjun dalam dunia investasi. Anda bisa masuk dalam komunitas untuk memperkaya ilmu.

6. Rutin Berinvestasi

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam investasi, maka anda harus rutin menyisihkannya setiap bulan. Perlu anda tahu jika menabung dan investasi adalah dua hal yang berbeda walaupun sama sama menyisihkan uang. Mengingat investasi anda bisa mendapatkan return, sementara menabung anda hanya menyimpan uang anda.

Uang yang ditabung tidak akan bertambah banyak, kecuali ada bunga dari bank. Karena harus rutin, maka penting bagi anda untuk memilih platform yang sesuai dengan kemampuan anda.

 

Banyak yang mengira jika investasi membutuhkan modal yang besar. padahal kenyataannya saat ini modal yang tak seberapa sudah bisa mulai investasi.

7. Mulai Lebih Awal

Jika anda sudah memantapkan diri untuk terjun dalam dunia investasi, maka anda harus segera memulainya. Mengingat semakin cepat anda memulai investasi, keuntungan yang bisa anda dapatkan akan lebih besar. Dengan mengetahui tips memulai investasi, diharapkan anda tak ragu lagi untuk mulai menanam uang anda agar lebih berkembang.

 


Investasi adalah salah satu jalan untuk memiliki finansial yang stabil di masa depan. Apalagi saat ini segala kebutuhan semakin meningkat dan membutuhkan finansial tak sedikit. Anda tak perlu ragu untuk memulai investasi.

Pilih platform yang pemula terlebih dahulu juga bukanlah hal buruk. Barulah nanti anda bisa perlahan lahan mencoba jenis investasi yang lainnya. ***

 

#Investasi
#Investor
#InfoBisnis

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *