Mengenal Dari Dekat Eko Rore yang Dulunya Pernah Jadi Buruh Bangunan Hingga Menjadi Terkenal di Dunia MC

Mengenal Dari Dekat Eko Rore yang Dulunya Pernah Jadi Buruh Bangunan Hingga Menjadi Terkenal di Dunia MC | OBROLANBISNIS.com — Perjalanan hidup manusia memiliki cara dan ceritanya berbeda, baik dalam membangun dan memperjuangkan hidup untuk mendapatkan titik pencapaian.

Seperti perjuangan hidup salah seorang anak muda asal Medan yang pernah bekerja menjadi seorang buruh bangunan dengan gaji harian dan kini terbilang suskes menjadi seorang jurnalis muda hingga pemandu acara terkenal atau disebut dengan MC (master of ceremony).

REKOMENDASI: 9 Tips Membeli dan Memilih Apartemen di Medan

Eko Kurniawan yang memiliki nama panggung Eko Rore atau yang juga sering disapa “Pak Eko”, pemuda berusia 29 tahun ini mengawali karir di dunia jurnalistik sekaligus master of ceremony atau pemandu sejak tahun 2012.

Berawal dari mimpinya yang mengidolakan sosok pembawa acara tanah air Adi Nugroho dan Choky Sitohang, Eko pun berkeinginan mengikuti jejak dua artis tersebut.

Selain itu, tertariknya ia terhadap dunia broadcasting akhirnya mengantarkannya mengemban pendidikan Ilmu Komunikasi di tahun 2012 setelah tamat Sekolah Menengah Atas.

“Jadi dulu, waktu jaman Sekolah Dasar suka tampil depan umum, waktu itu ingat moment acara Academy Fantasi Indosiar (AFI), suka peragain didepan kawan-kawan sekolah, jadi pembawa acara, ya ngak pernah mikir sekarang memiliki profesi pembawa acara, karena dulu memang suka tampil aja, akhirnya masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) kalau ada acara pentas seni, aktif beranikan diri untuk jadi pembawa acara atau MC, sampai ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sangat punya ketertarikan untuk jadi pembawa acara, pada saat SMA juga sering tampil acara – acara sekolah,” cerita Eko.

Tahun 2012, tamat dari SMA ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan akhirnya mencari Universitas yang memiliki jurusan broadcasting atau publik speaking, karena ingin terus belajar dan mengembangkan bakat di dunia pemandu acara.

“Terus mencoba peruntungan ikut jalur undangan SNMPTN, ambil jurusan Ilmu Komunikasi di UIN Jakarta dan UIN Bandung, tak lulus. Setelah itu, tidak mau lagi coba Universitas Negeri, langsung mencari informasi, tanya kesana – kemari, akhirnya ketemu sama Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (STIKP) Medan, kebetulan ada jurusan Journalistik dan Public Relation dan sangat tepat di kampus ini sekolah khusus komunikasi, tanpa berpikir panjang langsung daftar dan akhirnya menjalani kuliah di sana,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

REKOMENDASI: 8 Tips Belajar Keterampilan Copywriting

Eko juga menceritakan, perjalanan kuliah tak seindah yang dibayangkan, karena pada saat itu kedua orangtua memberikan pilihan mau kerja atau kuliah, jika mau kuliah silakan cari biaya sendiri karena kondisi ekonomi pada kala itu yang tidak mencukupi.

“Ya, optimis dan bismillah, memutuskan untuk kuliah dengan biaya sendiri, namun sambil bekerja agar dapat uang masuk untuk bayar kuliah, akhirnya ikut lah kerjasama om saya, jadi buruh bangunan posisinya sebagai kernek tukang pasang keramik. Selama kuliah di awal kerja sampingan dengan gaji Rp45 ribu per hari, kalau diingat – ingat sangat lelah pekerjaan pada saat itu, kita harus bisa angkat batu bata, angkat semen, pasir, tapi saya yakin dan percaya kerja keras seseorang akan ada hikmahnya,” ungkap Eko.

Di tahun 2013 awal, mencoba perutungan cari kerja, pada saat itu melamar di salah satu perusahaan otomotif sepeda motor sebagai sales dan dituntut untuk jualan produk sepeda motor sebanyak – banyaknya.

“Akhirnya berhenti jadi buruh bangunan, kerja sebagai sales. Selama jadi sales berpikir terus gimana caranya bisa jalan, karena kita bisa dapat gaji banyak kalau jualan unit sepeda motor pun banyak, karena ada target. Namun semua perjalanan itu tetap saya syukuri dan sampai di titik pernah selama sebulan tidak ada jualan dan hanya menerima komisi kantor Rp650 per bulan, terus saya berpikir ini sangat tidak cukup untuk bayar kuliah dan kebutuhan sehar-hari,” kata Eko.

Tak sampai setahun, memilih untuk resign atau berhenti bekerja jadi sales karena penghasilan setiap bulan tidak memenuhi kebutuhan untuk kuliah, dan memilih kembali menjadi seorang buruh bangunan.

 

Mengenal Dari Dekat Eko Rore yang Dulunya Pernah Jadi Buruh Bangunan Hingga Menjadi Terkenal di Dunia MC

REKOMENDASI: Princess and The Boss Tayang di MAXstream

“Balik lagi jadi buruh bangunan, dan alhamdulilah penghasilannya mencukupi untuk uang kuliah, karena terkadang kalau kita rajin sering dikasih gaji tambahan. Sampai 2014, dihadapkan dengan sebuah masalah besar, orangtua harus berpisah, kuliah pun ikut berantakan karena pernah terlilit hutang dan dijauhi sama teman – teman di masa kuliah, hancur sehancur-hancurnya, bahkan sampai tidak bekerja lagi tapi status kuliah masih aktif,” ungkap Eko dengan mata berkaca mengenal perjalanan hidupnya.

Bahkan, pernah di posisi ingin bunuh diri karena merasa tidak menjadi anak yang baik dan menjadi manusia yang tidak berguna, putus asa dan merasa tidak punya masa depan.

“Jatuh sakit, keluarga broken, kuliah berantakan, dan akhirnya saya jalani selama setahun (2014). Setelah lebaran hati saya terketuk dan mendapatkan semangat dari beberapa orang untuk melanjutkan hidup, memberanikan kuliah lagi walau kondisinya harus dijauhi temen -temen, dan menjalani hidup dengan keluarga yang masih hancur. 2014 akhir bergabung lah dengan salah satu perusahaan media, di mana pada 2012 juga sudah mencoba melamar menjadi jurnalis di media online. Alhamdulillah diterima. Ketika bergabung di media tersebut sampai sekarang, saya benar – benar serius untuk mengubah hidup saya, alhamdulllilah dapat gaji dan pelan – pelan bisa nabung dan membayar uang kuliah, karena saya berpikir bahwa kuliah ini harus selesai,” ucapnya.

Tahun 2015, semangat untuk bangkit dari keterpurukan terus menggebu, disibukan dengan dunia jurnalis sembari nge-job MC yang mulai berdatangan, sambil menjalani kuliah yang tinggal beberapa semester lagi.

“Bahkan, sampai benar- benar lupa dengan keadaan yang dijauhi teman – teman di kuliah itu sakit, benar – benar bangkit, alhamdulilah tahun demi tahun berjalan, aku merasa ada perubahan dalam hidup, bisa nabung, bisa kasih orangtua, bisa bayar kuliah, bisa membeli sesuatu yang dinginkan tanpa ada utang sana sini, selama menjadi jurnalis di tempat saya sekarang bekerja, saya sudah merasakan keliling Indonesia karena dinas kerja, merasakan ketemu orang – orang hebat, dan mendapatkan job MC yang alhamdullilah mengalir, baik acara formal maupun non formal,” ungkap Eko.

REKOMENDASI: AQUA Elektronik Ajak Generasi Emas Indonesia Semangat Mengejar Mimpi

2017, tamat kuliah dan wisuda, walau sudah merasa pada titik tenang dari masalah, tapi masih ada rasa gundah karena kehidupan keluarga yang tidak baik – baik saja, memaksa mamak sama bapak datang ke acara wisuda untuk dampingi pada saat itu.

“Dan mereka mau, itu kado terindah, dari situ hubungan keduanya mulai pelan – pelan mencair dan saling sapa, alhamdullilah seiring berjalanan tahun, kerjaan juga lancar, pelan – pelan kembangkan bisnis wedding organizer, menjalankan profesi MC di tengah – tengah menjadi seorang jurnalis dan semua pekerjaan terhandle dengan baik,” ucapnya.

Eko juga bercerita, selama menjalankan profesi menjadi jurnalis dan MC serta memiliki bisnis wedding, tentu tantangan juga semakin besar, harus mengatur waktu dengan baik dan berusaha untuk terus belajar mengasa ilmu p, agar dapat menjadikan diri menjadi lebih baik.

“Jurnalis adalah pekerjaan yang tak kenal waktu, kapan kita ditugaskan kita harus siap, sebagai pelopor informasi jurnalis bagi saya adalah pekerjaan yang mulia, dan di samping itu menjalankan profesi pemandu acara juga harus memilik ilmu yang banyak berkomunikasi di depan umum, menjaga penampilan, mengasa ilmu, tidak malu untuk belajar, hingga tekun menjalankan bisnis tanpa menyingkirkan bisnis orang lain,” cerita Eko.

Semua cerita hidupnya, mengantarkan kehidupan Eko Rore pada titik pencapaian yang ia inginkan bekerja di dunia entertaiment dan memiliki ilmu di bidang komunikasi serta mengumpulkan pundi – pundi penghasilan untuk merubah hidup adalah keinginan besarnya.

REKOMENDASI: Rekomendasi Izin Kehutanan dan Lingkungan Gratis | Hanya di Sumatera Utara

“Alhamdullilah, saya selalu bersyukur dengan apa yang Allah kasih sama saya, baik itu cobaan hidup, rezeki atau apapun itu, hingga pada waktunya saya bisa membantu biaya pernikahan dua adik saya, membelikan sesuatu yang orangtua saya inginkan, dan doa yang saya harapkan dan alhamdullilah terkabul adalah kedua orang tua saya saat ini bisa bersatu lagi, itu adalah anugrah terindah buat saya,” ungkapnya.

Percaya, sama semua yang sudah Allah takdirkan dalam hidup bahwa tidak ada doa yang tyda dikabulkan. “Allah kasih banyak ujian dalam hidup pada saat itu, saya jadikan cerminan untuk diri saya memperbaiki diri jadi manusia lebih baik, manusia yang bersyukur dan apa yang telah Allah juga berikan saat ini, semua hanya titipan dan cuma ingin bersyukur dan berterima kasih pada Tuhan, pada diri, sudah kuat sampai titik, dan tidak mau puas diri, ingin selalu mawas diri,” doa Eko.

Mengakhiri kisah hidupnya, Eko Rore, pemuda kelahiran tahun 1993 ini berpesan kepada diri sendiri dan kepada anak-anak muda untuk jangan menyerah, karena itu bukan pilihan.

“Kita hidup harus punya mimpi, punya cita – cita, punya tekad, itu semua bukan untuk orang lain, untuk kita sendiri menjadi manusia yang lebih baik, perbaiki diri kita dulu, karena sesungguhnya musuh diri kita ya kita sendiri, harus punya semangat tinggi dan jangan malu untuk bertanya dan belajar dan terus belajar,” tandasnya. ***

[rel/OB1]

#Bisnis
#PerjalananHidup
#InfoBisnis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *