Transformasi 123 Go Pegadaian Melayani Kebutuhan Nasabah Setia

Transformasi 123 Go Pegadaian Melayani Kebutuhan Nasabah Setia • OBROLANBISNIS.com — PT Pegadaian, sebagai perusahaan inklusi keuangan milik BUMN, telah melayani kebutuhan modal usaha dan kerja bagi pelaku UMKM maupun nasabah setia selama 123 tahun.

Di usia terbilang tak muda lagi, Pegadaian bertransformasi menuju digitalisasi. Transformasi Pegadaian mengacu pada perubahan strategis yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka beradaptasi dengan perkembangan teknologi, perubahan kebutuhan pasar, dan kompetisi di industri keuangan.

REKOMENDASI: Peduli Generasi Emas | Pegadaian Berikan Apresiasi Bagi Pasukan Paskibraka 2024

Transformasi 123 Go Pegadaian yang telah dilakukan sejak tahun 2018 hingga saat ini adalah:

Bacaan Lainnya

Digitalisasi Layanan

Pegadaian telah melakukan digitalisasi besar-besaran pada produk dan layanannya. Mereka meluncurkan aplikasi digital, seperti Pegadaian Digital Service atau yang dikenal dengan PDS. Layanan digital ini memungkinkan pelanggan loyal Pegadaian untuk melakukan transaksi gadai, pembayaran angsuran dan pembelian emas secara online tanpa harus datang ke kantor cabang.

Layanan PDS dapat diunduh melalui Android dan IOS pada ponsel pintar Anda. Adapun manfaat dan keunggulan Pegadaian Digital Service:

1. Akses Mudah dan Praktis

Layanan ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi di smartphone. Pengguna tidak perlu datang ke kantor Pegadaian untuk melakukan transaksi.

2. Proses Transaksi Cepat

Pengguna dapat melakukan transaksi seperti gadai, pembelian emas, pembayaran angsuran, dan pembukaan tabungan emas dengan cepat secara online.

3. Transparansi dan Keamanan

Semua transaksi yang dilakukan melalui Pegadaian Digital Service tercatat secara digital, sehingga pengguna dapat memantau riwayat transaksi dengan mudah dan merasa lebih aman.

4. Layanan 24/7

Aplikasi Pegadaian Digital tersedia sepanjang waktu, sehingga pengguna tidak terikat dengan jam operasional kantor Pegadaian.

5. Beragam Layanan Keuangan

Selain layanan gadai, PDS juga menyediakan layanan pembelian emas, cicilan emas, pembukaan tabungan emas, pembayaran tagihan, hingga transfer uang, memberikan solusi keuangan yang lebih lengkap.

6. Fleksibilitas Pembayaran

Pengguna bisa melakukan pembayaran angsuran atau pelunasan gadai melalui berbagai metode pembayaran digital yang disediakan, seperti transfer bank atau dompet digital.

7. Notifikasi dan Pengingat

Pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk pembayaran atau pelunasan, sehingga meminimalisir risiko keterlambatan pembayaran.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Pegadaian Digital Service menjadi solusi yang lebih efisien bagi masyarakat dalam mengakses layanan keuangan dari Pegadaian.

REKOMENDASI: Pegadaian Medan Kolaborasi dengan Bank Sampah dan FORSEPSI Wujudkan ‘Indonesia Bebas Sampah 2025’

Pengembangan Produk

Pegadaian memperluas portofolio produknya dengan layanan keuangan non-gadai, seperti pembiayaan mikro, investasi emas, hingga pembiayaan naik haji.

Transformasi 123 Go Pegadaian Melayani Kebutuhan Nasabah Setia
Berikut ini beberapa layanan non-gadai yang dimiliki Pegadaian:

1. Pembiayaan Usaha

Pegadaian menyediakan layanan pembiayaan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Contoh produknya adalah *Kreasi*, yaitu pinjaman dengan agunan BPKB kendaraan untuk modal usaha.

2. Arrum Haji

Layanan pembiayaan untuk memudahkan masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji. Nasabah bisa memperoleh pembiayaan dengan jaminan BPKB kendaraan, dan dapat mendaftar haji tanpa harus menunggu lama.

3. Pembiayaan Mikro

Pegadaian juga menyediakan produk pembiayaan mikro seperti *Mikro Kredit* yang memberikan pinjaman kepada usaha mikro dengan proses yang cepat dan mudah.

4. Investasi Emas (Tabungan Emas)

Layanan Tabungan Emas memungkinkan nasabah untuk menabung dalam bentuk emas dengan nominal yang terjangkau. Nasabah bisa membeli dan menabung emas mulai dari 0,01 gram.

5. Jual Beli Emas

Selain tabungan emas, Pegadaian juga menawarkan layanan jual beli emas batangan. Nasabah dapat membeli emas dalam bentuk fisik yang disertai sertifikat.

6. Multiguna

Layanan pinjaman non-gadai lainnya adalah *Multiguna*, yaitu kredit dengan jaminan berupa kendaraan bermotor, tanah, atau properti lainnya. Pinjaman ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan konsumtif.

7. Produk Asuransi

Pegadaian juga menawarkan produk asuransi jiwa dan asuransi lainnya untuk melindungi nasabah dari berbagai risiko. Produk ini dinamakan Emasku, cicilan emas beransuransi jiwa.

Layanan non-gadai dari Pegadaian ini bertujuan untuk memberikan akses keuangan yang lebih luas kepada masyarakat, tidak hanya terbatas pada gadai barang tetapi juga pada pembiayaan usaha, investasi, dan kebutuhan konsumtif lainnya.

REKOMENDASI: Erick Thohir Resmikan Kompetisi Pegadaian Liga 2

Kolaborasi dengan Pihak Eksternal

Pegadaian juga memperkuat kolaborasi dengan fintech dan perusahaan teknologi lainnya, untuk menciptakan ekosistem digital yang mendukung layanan terbaru dari Pegadaiaan. Langkah ini membantu meningkatkan jangkauan layanan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Restrukturisasi Organisasi

Dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional, Pegadaian juga melakukan restrukturisasi internal, termasuk modernisasi infrastruktur teknologi informasi dan pengembangan sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan bisnis digital.

Transformasi 123 Go Pegadaian Melayani Kebutuhan Nasabah Setia

Sustainability & TJSL

Pegadaian turut berfokus pada keberlanjutan dengan memperkenalkan inisiatif ramah lingkungan dan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan yang selaras dengan perkembangan era digital.

Transformasi ini bertujuan untuk menjadikan Pegadaian lebih kompetitif di tengah perubahan ekonomi global dan perkembangan teknologi, serta memenuhi ekspektasi pelanggan yang semakin modern dan digital.

Program TJSL Pegadaian yang dilakukan mencakup berbagai kegiatan sosial, ekonomi dan lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung pembangunan berkelanjutan, dan menjaga kelestarian lingkungan.

1. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Pegadaian secara nasional rutin mengadakan program untuk membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) berkembang, melalui pelatihan, pendanaan dan bantuan teknis.

2. Lingkungan Hidup

Program-program penghijauan, pengelolaan limbah, dan energi terbarukan sering menjadi bagian dari kegiatan TJSL Pegadaian. Seperti baru-baru ini di Pegadaian Kanwil 1 Medan melakukan kampanye ‘Rawat Sungaimu Selamatkan Bumimu’ melalui program Pegadaian Peduli.

TJSL ini melibatkan berbagai komunitas masyarakat peduli lingkungan dengan giat aksi bersih-bersih aliran Sungai Deli yang berlokasi di Jalan Datuk Rubiah Kelurahan Rengas Pulau.

3. Pendidikan

Pegadaian juga kerap memberikan beasiswa, menyediakan fasilitas pendidikan, atau mendukung program pelatihan dan pengembangan keterampilan.

Baru-baru ini juga Pegadaian menyerahkan beasiswa berupa Tabungan Emas dengan total nilai Rp 302 juta, sebagai apresiasi istimewa kepada Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2024 yang telah menjalankan tugas mulia dengan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara pada peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024.

4. Kesehatan

Kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, bantuan fasilitas kesehatan, dan kampanye kesadaran kesehatan, juga sering menjadi bagian dari program TJSL mereka.

Untuk di wilayah Pegadaian Kanwil 1 Medan, Program TJSL bidang kesehatan rutin dilakukan, seperti donor darah, sunatan massal maupun pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. ***

[haslan madli tambunan]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *