Program PATEN dapat Bantu UMKM Peroleh Izin Usaha dengan Mudah

PELAKSANA Tugas (Plt) Gubrnur Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kian gencar melakukan promosi produk-produk unggulan di Sumut.

“Kegiatan Pameran Produk Kerajinan Unggulan Pelaku UMKM Sumut 2015 ini menjadi salah satu upaya dalam membuka peluang pasar,” kata Tengku Erry Nuradi saat membuka Pameran Produk Kerajinan Unggulan Pelaku UMKM Sumut 2015 di Merdeka Walk, Jl Balaikota Medan, Senin (16/11/2015).

Bacaan Lainnya

Erry menegaskan, promosi mutlak dilakukan untuk mendukung pemasaran hasil produksi. Tidak hanya melalui pameran, tetapi juga promosi melalui media cetak, elektronik maupun media online.

“Teknologi Informasi saat itu semakin berkembang. Tidak ada lagi batas dan jarak dalam berkomunikasi. Begitu juga dalam bidang promosi. Pelaku UMKM seudah saatnya menguasai teknologi informasi,” saran Erry.

Erry juga mendorong para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas dan mutu hasil produksinya, agar mampu bersaing dengan produk negara Asean. Jika tidak, produk dalam negeri akan kalah dipasaran, apalagi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan diberlakukan akhir Desember 2015 mendatang.

“Ini sebagai tantangan sekaligus peluang. Pelaku UMKM harus meningkatkan kualitas dan mutu produknya masing-masing agar dapat bersaing di era MEA nantinya. Tidak cukup itu saja, kita juga harus menanamkan rasa cinta terhadap produk dalam negeri,” sebut Erry.

Erry juga mengimbau Kabupaten/Kota di Sumut segera menerapkan Program Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang dapat mempermudah proses perizinan, terutama bagi UMKM dalam memperoleh izin usaha dan kemudahan sebagai syarat mendapatkan suntikan dana dari dunia perbankan.

“Bupati atau Walikota harus mendelegasikan satu atau dua izin di kecamatan untuk usaha berskala kecil seperti UMKM. Sehingga perangkat kecamatan bisa menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” jelas Erry.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara M Zein mengatakan, kegiatan Promosi dan Pasar Produk UMKM Sumut 2015 berlangsung selama lima hari sejak 14 hingga18 November 2015.

“Tujuan kegiatan ini memberikan dukungan pengembangan jiwa dan semangat kewirausahan. Kita juga mendorong meningkatnya UMKM baik kuantitas dan kualitas di Sumut,” harap Zein.

Promosi dan Pasar Produk UMKM Sumut 2015 diikuti 60 peserta dari sejumlah kedinasan di bawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, BUMN, Swasta, Perguruan Tinggi dan UKM Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Sumut.

“Kegiatan Promosi dan Pasar Produk UMKM Sumut 2015 ini dalam rangka kesiapan Pemprov Sumut meningkatkan daya saing produk UMKM menghadapi MEA,” sebut Zein.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Sumut menyerahkan penghargaan secara simbolik kepada Kepala Daerah yakni Serdang Bedagai (Sergai), Langkat, Batubara, Pakpak Bharat, Padang Lawas Utara (Paluta dan Medan atas kepeduliannya terhadap pengembangan UMKM di daerah masing-masing dengan mendelegasikan kewenangan kepada pihak kecamatan dalam mengeluarkan izin usaha.

Erry juga menyerahkan kartu debit kepada sejumlah UMKM yang telah mengurus izin usaha melalui Program PATEN serta pemberian penghargaan kepada Wirausahawan Terpopuler di Sumut yang telah mengankat dan mengharumkan nama Sumut yakni Ucok Durian, Bika Ambon Zulaikha dan Bolu Meranti. (OB1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *