Budaya Melayu Adalah Aset Bangsa

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyatakan apresiasi atas terselenggaranya Konser Melayu Bagus di Medan.


 

Penampilan juara Indonesian Idol, Fatin saat membawakan lagu "Dia Mencuri Hatiku" pada kegiatan konser Melayu Bagus di pelataran halaman Istana Maimon Jalan Brigjen Katamso Medan.
Penampilan juara Indonesian Idol, Fatin saat membawakan lagu “Dia Mencuri Hatiku” pada kegiatan konser Melayu Bagus di pelataran halaman Istana Maimon Jalan Brigjen Katamso Medan.

Kegiatan tersebut dinilai efektif dalam upaya melestarikan adat istiadan, budaya Melayu sebagai salah satu aset bangsa.

Apresiasi tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi saat menghadiri Konser Melayu 2014 yang berlangsung meriah di halaman Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan, Jumat (5/9/2015). Pembukaan acara dilakukan oleh Staf Khusus Menko Kesra Ir Leo Nababan.

Hadir kesultanan dan keluarga, pemangku adat Melayu serta sejumlah penyanyi dalam acara tersebut diantaranya Rosa, Fatin, Husein Idol dan artis lainnya yang akan membawa lagu-lagu Melayu. Selain itu, turut memeriahkan Nassa, penyanyi asal Brunai Darussalam.

Dalam sambutannya, sebagai putera Melayu, Wagub Sumut Tengku Erry menyatakan rasa bangga terhadap Melayu sebagai salah satu etnik nusantara. Apalagi bahasa Indonesia berasal dari Melayu.

“Bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu. Bahasa ini juga yang menjadi pemersatu bangsa hingga saat ini,” sebut Erry.

Erry juga mengatakan, konser Melayu Bagus 2014 merupakan salah satu upaya melestarikan adat istiadat dan budaya Melayu yang tersebat di Asia Tenggara meliputi Malaysia, Brunai Darussalam, Thailad dan disejumlah negara lainnya.

Sementara Staf Khusus Menko Kesra Ir Leo Nababan dalam sambutannya mengatakan, selain melestarikan budaya, Konser Melayu Bagus 2014 diharapkan menjadi agenda tahunan yang dapat merangsang tingkat kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Ada banyak kegiatan yang ditampilkan. Ada tarian Melayu, silat, bazar dan kuliner. Ini baik untuk menarik wisatawan datang ke Medan. Saya yakin mereka akan tertarik melihat khazanah budaya yang ditampilkan,” sebut Leo.

Ketua Kegiatan, Darmansyah mengatakan, konser Melayu Bagus 2014 menjadi momen berharga untuk mengembangkan kembali kecintaan terhadap budaya Melayu sekaligus melestarikannya ditengah masyarakat.

“Saat ini budaya dan kesenian Melayu sudah bergeser sangat jauh dari asalnya sehingga dengan konser ini, saya harap generasi sekarang mengenal kebudayaan dan kesenian khususnya musik Melayu yang sebenarnya,” ujar Darmansyah.

Konser Melayu Bagus 2014 ini menampilkan berbagai rangkaian kegiatan bernuansakan Melayu seperti kesenian Hadrah dan Lintau yang dipadu dengan musik orkestra diharapkan dapat memberikan kontribusi dan menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Utara.

“Saya harap Konser Melayu Bagus 2014 di Istana Maimun malam ini sebagai titik tolak memperkenalkan musik melayu kepada generasi muda di Indonesia,” tambah Darmansyah.

Konser ini juga mendapat dukungan penuh oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. (OB1)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share
Web Design BangladeshBangladesh Online Market